Hitstat

11 April 2012

2 Korintus - Minggu 29 Rabu

Pembacaan Alkitab: 2 Kor. 13:11-13


Di antara keenam puluh enam kitab dalam Alkitab, 2 Korintus adalah kitab yang sangat khusus, yakni ditutup dengan satu berkat: "Anugerah Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian." Berkat ini tersusun dari atribut-atribut Allah Tritunggal: kasih karunia (anugerah), kasih, dan persekutuan. Kasih Allah Bapa adalah sumbernya, mata airnya, dan kasih karunia adalah aliran, ekspresi dari kasih. Dengan kasih sebagai sumbernya, kita dapat melakukan sesuatu bagi orang lain atau memberikan sesuatu kepada mereka. Ini adalah kasih karunia sebagai aliran dan ekspresi kasih. Misalnya, saya ingin memberikan sebuah jam tangan kepada seorang saudara. Pemberian jam tangan itu adalah satu ekspresi kasih saya terhadapnya. Kasih di dalam saya ini diekspresikan dengan saya memberinya sebuah jam tangan. Kita dapat memakai hal ini untuk menggambarkan kasih Allah dan kasih karunia Kristus. Kasih adalah dengan Bapa sebagai sumbernya, dan kasih karunia adalah dengan Putra sebagai jalur, aliran, dan ekspresinya.

Persekutuan Roh Kudus adalah perkara komunikasi, transportasi, dan transmisi. Karena itu, kasih adalah sumbernya, kasih karunia adalah alirannya, dan persekutuan adalah transmisi dari aliran dengan sumbernya itu. Dengan cara inilah kita memiliki kasih, kasih karunia, dan persekutuan sebagai kenikmatan kita, dan kita mengambil bagian di dalamnya.

Dua Korintus 13:13 dengan jelas mengatakan bahwa kasih karunia berasal dari Kristus, kasih berasal dari Allah, dan persekutuan berasal dari Roh Kudus. Karena Kitab 2 Korintus menekankan kasih karunia, maka kasih karunia ini disebutkan lebih dulu dalam 13:13. Di tempat lainnya dalam kitab ini Paulus membicarakan tentang kasih karunia ini dengan tegas. Misalnya, dalam 2 Korintus 1:12 ia berkata, "Inilah yang kami megahkan, yaitu bahwa suara hati kami memberi kesaksian kepada kami bahwa hidup kami di dunia ini, khususnya dalam hubungan kami dengan kamu, dikuasai oleh ketulusan dan kemurnian dari Allah bukan oleh hikmat duniawi, tetapi oleh kekuatan anugerah Allah." Kemudian dalam 2 Korintus 8:1-15 kita melihat kasih karunia dari empat kelompok, terutama, kasih karunia Kristus. Dalam 2 Korintus 8:9 Paulus berkata, "Karena kamu telah mengenal anugerah Tuhan kita Yesus Kristus bahwa sekalipun Ia kaya, oleh karena kamu Ia menjadi miskin, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya." Kemudian dalam 2 Korintus 12:9 kita memiliki satu ayat yang paling terkenal tentang kasih karunia dalam seluruh Alkitab: "Tetapi jawab Tuhan kepadaku, 'Cukuplah anugerah-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.'"

Kasih karunia yang disajikan dalam 2 Korintus sebenarnya adalah Allah Tritunggal yang terwujud dalam Putra dan ditransmisikan ke dalam diri kita melalui Roh itu bagi kenikmatan kita. Maka, kasih karunia adalah Allah Tritunggal sebagai hayat, suplai hayat, dan kenikmatan kita. Kasih karunia ini adalah hasil dari kasih Bapa dan ditransmisikan ke dalam diri kita oleh Roh itu. Karena itu, kita memiliki kasih karunia Kristus, kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus -- yaitu kenikmatan yang penuh akan Allah Tritunggal.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Korintus, Buku 3, Berita 58

No comments: