Hitstat

03 January 2018

Matius - Minggu 14 Rabu

Pembacaan Alkitab: Mat. 9:1-8

Doa baca:Manakah yang lebih mudah, mengatakan: Dosa-dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah?(Mat. 9:5)

Dalam Matius 9:1-8 kita nampak kekuasaan Raja untuk mengampuni dosa. Setelah Tuhan datang ke kota-Nya sendiri, Kapernaum, tempat tinggal-Nya saat itu (4:13), seorang lumpuh lalu dibawa kepada-Nya. Ayat 2 mengatakan, “Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu, 'Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, dosa-dosamu sudah diampuni.'” Penyebutan dosa dalam ayat 2 menunjukkan bahwa orang lumpuh itu sakit karena dosa-dosanya.
Ayat 6 mengatakan, “Tetapi supaya kamu tahu bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa — lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu — 'Bangunlah, angkat tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!'” Mengampuni dosa adalah perkara memiliki kuasa di bumi. Hanya Penyelamat rajani yang diberi kuasa oleh Allah (dan yang akan mati untuk menebus orang dosa), yang memiliki kekuasaan semacam ini (Kis. 5:31; 10:43; 13:38). Kuasa ini adalah untuk mendirikan Kerajaan Surga (Mat. 16:19). Ayat 7 mengatakan, “Orang itu pun bangun lalu pulang.” Orang lumpuh itu bangun dan berjalan. Hal itu membuktikan bahwa dia sudah sembuh, dan penyembuhannya membuktikan bahwa dosa-dosanya sudah diampuni. Ini suatu bukti yang kuat bahwa Tuhan Yesus berkuasa mengampuni dosa manusia dan Ia pun berkuasa membuat orang bangun dan berjalan.

Keselamatan Tuhan tidak hanya mengampuni dosa-dosa kita, tetapi juga membuat kita bangun dan berjalan. Kita tidak bangun dan berjalan dulu, baru menerima pengampunan dosa-dosa; keselamatan yang demikian berarti keselamatan berdasarkan perbuatan. Sebaliknya, mula-mula kita mendapat pengampunan dosa, kemudian bangun dan berjalan; keselamatan yang demikian adalah berdasarkan anugerah. 

Sumber: Pelajaran-Hayat Matius, Buku 2, Berita 26

No comments: