Hitstat

13 January 2018

Matius - Minggu 15 Sabtu

Pembacaan Alkitab: Mat. 9:37-10:15
Doa baca: “Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk menyembuhkan orang-orang dari segala penyakit dan kelemahan.” (Mat. 10:1)


Rasul adalah orang yang diutus. Kini kedua belas murid ini diutus, karena itu mereka telah menjadi kedua belas rasul. Dalam mengutus kedua belas rasul itu, Tuhan telah mengatur mereka berpasang-pasangan: Simon Petrus dengan Andreas, Yakobus dengan Yohanes, Filipus dengan Bartolomeus, Tomas dengan Matius, Yakobus anak Alfeus dengan Tadeus, dan Simon orang Zelot dengan Yudas Iskariot. Kita semua wajib berpasangan. Lihatlah mata Anda, telinga Anda, lubang hidung Anda, bibir, bahu, lengan, tangan, kaki, dan telapak kaki kita: anggota tubuh Anda diatur berpasangan. Ketika Anda mendapat beban dari Tuhan untuk pergi ke suatu tempat, janganlah pergi sendiri. Sebaliknya, pergilah berpasangan. Jika tidak ada orang yang berpasangan dengan Anda, Anda akan kehilangan berkat. Untuk menerima berkat, Anda harus berpasangan. Ini bukan opini saya, melainkan ekonomi Tuhan.

Karena itu kita semua wajib belajar berpasangan dengan orang lain. Injil Markus dan Injil Lukas mencantumkan Matius sebelum Tomas, tetapi Matius, penulis kitab ini, mencantumkan dirinya setelah Tomas. Ini menunjukkan kerendahan hatinya. Dalam ayat 3, Matius secara khusus menyebut dirinya “pemungut cukai”, mungkin ia mengingat keselamatannya dengan penuh syukur. Pemungut cukai yang diremehkan dan penuh dosa sekalipun bisa menjadi seorang rasul Raja kerajaan surgawi. Keselamatan yang benar-benar luar biasa! Simon orang Zelot berpasangan dengan Yudas Iskariot, orang yang mengkhianati Tuhan. Iskariot ialah kata Yunani, yang mungkin berasal dari Ibrani, yang berarti seorang Keriot. Jadi, Yudas adalah satu-satunya rasul dari Yudea, yang lain berasal dari Galilea.


Sumber: Pelajaran-Hayat Matius, Buku 2, Berita 29

No comments: