Hitstat

02 January 2018

Matius - Minggu 14 Selasa

Pembacaan Alkitab: Mat. 8:29-34

Doa baca:Yesus berkata kepada mereka: Pergilah! Lalu keluarlah mereka dan masuk ke dalam babi-babi itu. Seluruh kawanan babi itu pun terjun dari tebing yang curam ke dalam danau dan mati di dalam air.(Mat. 8:32)

Ketika Tuhan Yesus sampai di daerah orang Gadara, Ia dijumpai oleh dua orang yang kerasukan setan. Ketika dua orang kerasukan setan itu menemui Yesus, setan-setan itu berteriak, katanya: “Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Apakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?” (ayat 29).
Ayat 32 mengatakan,“Yesus berkata kepada mereka, 'Pergilah!' Lalu keluarlah mereka dan masuk ke dalam babi-babi itu. Seluruh kawanan babi itu pun terjun dari tebing yang curam ke dalam danau dan mati di dalam air.” “Pergilah!” Ini adalah perintah yang penuh dari kuasa Raja, dan setan-setan itu menaatinya. Raja memenuhi permintaan setan-setan itu dan mengizinkan mereka masuk ke dalam babi-babi itu karena babi adalah binatang yang najis dalam pandangan Allah (Im. 11:7). Seluruh kawanan babi itu terjun ke dalam laut dan setan-setan senang karena air adalah tempat kediaman mereka (12:43-44).
Maksud Tuhan memperbolehkan setan masuk ke dalam kawanan babi bukan untuk menghancurkan pekerjaan orang yang memelihara babi-babi itu. Karena babi adalah najis di mata Allah, Tuhan membinasakan kepunyaan mereka yang najis itu dengan harapan bahwa si pemilik dapat diselamatkan dan berpaling kepada-Nya. Babi, yang najis dan dihakimi Allah, tidak seharusnya ada di sana.

   Raja datang ke daerah ini untuk menertibkan segala sesuatu. Tuhan tidak hanya mengusir setan-setan dari dua orang itu, bahkan babi-babi itu pun ditenggelamkan. Karena itu, seluruh daerah menjadi bersih, sedangkan setan-setan telah kembali ke tempat kediaman mereka. Inilah suatu penampilan kekuasaan Tuhan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Matius, Buku 2, Berita 26

No comments: