Hitstat

20 March 2020

Yohanes - Minggu 18 Jumat


Pembacaan Alkitab: Yoh. 16:1-15; 8:21, 34, 44
Doa baca: “Kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan Dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman.”(Yoh. 16:8)


Kristus Menginsafkan Dunia akan Dosa


Butir yang utama dalam Yohanes 16 ialah pekerjaan Roh itu. Menurut pasal ini, pekerjaan Roh berada dalam tiga kategori: menginsafkan dunia; memuliakan Putra melalui mewahyukan Dia dengan kepenuhan Bapa kepada kaum beriman; dan menyatakan apa yang akan datang.

Kategori yang pertama adalah menginsafkan dunia. Dalam Yohanes 16:8, Tuhan berkata bahwa sebagai Roh itu, “Ia akan menginsafkan dunia akan dosa kebenaran, dan penghakiman.” Dosa berhubungan dengan Adam, kebenaran berhubungan dengan Kristus, dan penghakiman berhubungan dengan Iblis. Dosa berhubungan dengan Adam, karena melalui Adam dosa masuk ke dalam manusia (Rm. 5:12). Kebenaran berhubungan dengan Kristus, karena kebenaran datang dari Kristus dan bahkan adalah diri Kristus yang telah bangkit (Yoh. 16:10; 1 Kor. 1:30). Penghakiman berkaitan dengan Iblis, karena penghakiman itu untuk Iblis.

Sekarang marilah kita lihat lebih rinci ketiga hal utama ini, mulai dengan perkara menginsafkan dunia akan dosa. Sumber dosa ialah Iblis (Yoh. 8:44). Iblis adalah bapa orang dosa. Kita semua dilahirkan dari Iblis, ular tua (Yoh. 8:44; Why. 12:9). Karenanya, kita sebagai anak-anaknya adalah “anak-anak Iblis” (1 Yoh.3:10). Sebagai anak-anak Iblis, kita dilahirkan dengan memiliki racun ular (Yoh. 3:14), dilahirkan dalam dosa (Yoh. 9:34). Karena kita semua dilahirkan dalam dosa di dalam Adam, maka kita semua begitu lahir sudah berada di bawah hukuman (Yoh. 3:18). Bahkan kita semua terlahir mati dalam dosa (Yoh. 8:21). Lalu, bagaimana cara kita untuk melarikan diri? Hanya Kristus jalannya. Satu-satunya jalan untuk bebas dari dosa adalah percaya ke dalam Putra (Yoh. 8:24, 36; 3:15-17). Kepercayaan ini mengakibatkan pemindahan dari Adam ke dalam Kristus. Kalau kita tidak percaya, kita akan binasa. Satu-satunya dosa yang membuat orang binasa ialah tidak percaya ke dalam Putra (Yoh.16:9; 3:16). Maka, kuncinya hari ini adalah kita percaya atau tidak. Kita perlu percaya!


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 3, Berita 36

No comments: