Hitstat

04 April 2020

Yohanes - Minggu 20 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Yoh. 17:14-26
Doa baca: “Dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka.” (Yoh. 17:26)


Kasih Sejati dari Bapa


Dalam Yohanes 17:23 Tuhan berkata, “Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka menjadi satu dengan sempurna, agar dunia tahu bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka sama seperti Engkau mengasihi aku.” Kita dapat disempurnakan menjadi satu dengan menyangkal diri kita, hingga kita dapat mengalami hayat ilahi sampai suatu taraf kita disempurnakan menjadi satu. Ini adalah kesatuan di dalam kemuliaan hayat ilahi.

Kesatuan di dalam kemuliaan ilahi ini adalah untuk ekspresi korporat Allah. Dalam aspek kesatuan ini, kaum beriman dapat disempurnakan dan dibangunkan sehingga mereka dapat mengekspresikan Allah secara korporat. Ekspresi ini adalah miniatur Yerusalem Baru. Dalam Yerusalem Baru tidak ada lagi tipu daya dunia, doktrin, pengajaran, konsepsi, atau opini. Di sana hanya ada ekspresi kemuliaan ilahi. Hidup gereja yang mencapai taraf ini telah menggenapkan doa Putra, sehingga Dia mutlak diekspresikan, dimuliakan di dalam pembangunan kaum beriman-Nya; dan Bapa juga sepenuhnya diekspresikan, dimuliakan. Untuk mencapainya, Bapa memberikan hayat-Nya, sifat-Nya, kepenuhan-Nya, dan kemuliaan-Nya kepada kaum beriman, sama seperti apa yang Bapa berikan kepada Putra. Penggenapan dari perkara ini dimulai dari kebangkitan Putra, di mana kita bisa beroleh bagian dalam hayat, sifat kelimpahan, dan kemuliaan Bapa. Ini adalah kasih sejati dari Bapa.

Kasih ini adalah kasih yang disinggung dalam Yohanes 17:26. Di dalam kasih ini, Bapa telah memberikan hayat dan kemuliaan-Nya kepada Putra dan kita, agar Putra dan kita bisa mengekspresikan Dia. Putra berdoa agar kasih ini juga bisa tinggal di dalam kita, supaya kita bisa memahami kasih Bapa kepada Putra melalui pengenalan terhadap nama Bapa, dan bisa merasakan kasih ini melalui tinggal bersama Putra.


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 3, Berita 40

No comments: