Hitstat

29 April 2020

Yohanes - Minggu 24 Rabu


Pembacaan Alkitab: Yoh. 20:14-31
Doa baca: “Kata Yesus kepadanya, ’Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.’” (Yoh. 20:29)


Bersidang Bersama Kaum Beriman


Yohanes 20:26 mengatakan, “Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, ‘Damai sejahtera bagi kamu!’” Perhimpunan murid-murid di sini boleh dipandang sebagai persidangan gereja kali kedua yang memiliki penyertaan Tuhan sebelum Pentakosta. Puji Tuhan, tidak hanya ada hari Minggu yang pertama, masih ada hari Minggu yang kedua. Pada hari Minggu yang kedua itu, Tomas juga hadir. Kita akan melihat, kali ini Tuhan khusus datang untuk Tomas, Ia langsung datang ke hadapan Tomas untuk menanggulangi Tomas.

Meskipun Tomas dahulu menjadi yang paling ketinggalan, namun setelah sidang gereja kali kedua, ia menjadi yang paling depan, sebab ia mengatakan, “Ya Tuhanku dan Allahku!” (Yoh. 20:28). Tomas adalah orang pertama yang mengenal bahwa Anak Manusia adalah Tuhan juga Allah. Tomas bukan hanya orang pertama yang mengenal Anak Manusia adalah Tuhan, adalah Allah, tetapi juga orang pertama yang memproklamasikan Yesus adalah Tuhan, juga Allah sejati.

Dalam pasal 20:29 Tuhan berkata kepada Tomas, “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.” Tuhan tidak saja melalui penampakan-Nya menanggulangi ketidakpercayaan Tomas, Ia pun melatih murid-murid-Nya agar walau tidak melihat, namun percaya. Tuhan melatih mereka mengalami penyertaan-Nya yang tidak kelihatan. Karena penyertaan Tuhan dalam kebangkitan hari ini tidak kelihatan, maka kita harus percaya walau tidak melihat, kita perlu dengan iman merealisasikannya. Tuhan ada bersama murid-murid empat puluh hari lamanya, melatih mereka merealisasikan dan mengalami penyertaan-Nya yang tidak kelihatan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 3, Berita 47

No comments: