Hitstat

08 May 2018

Matius - Minggu 32 Selasa


Pembacaan Alkitab: Mat. 24:15-31
Doa baca: “Sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka tidak seorang pun akan diselamatkan; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan, waktu itu akan dipersingkat." (Mat. 24:22)


Dalam Matius 24:22 mengatakan, “Sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka tidak seorang pun akan diselamatkan; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan, waktu itu akan dipersingkat.” Sebagaimana kita nampak, kesusahan besar akan berlangsung hanya tiga setengah tahun. Orang-orang pilihan di sini mengacu kepada orang-orang Yahudi, umat pilihan Allah (Rm. 11:28). Bagaimana kita tahu bahwa kesusahan besar akan berlangsung tiga setengah tahun? Daniel 9 mengatakan minggu (satu kali tujuh masa) terakhir dari tujuh puluh minggu. Minggu terakhir adalah tujuh tahun terakhir sejarah Israel pada zaman ini. Pada permulaan tujuh tahun ini, orang Yahudi akan mengikat perjanjian dengan Antikristus. Tetapi pada pertengahan tujuh tahun itu, Antikristus akan berubah pikiran dan berbalik menentang mereka. Dalam persetujuannya dengan orang-orang Yahudi, Antikristus akan mengizinkan mereka menyembah Allah menurut agama Yahudi. Tetapi pada akhir tiga setengah tahun yang pertama, Antikristus akan mulai menganiaya setiap macam agama, mendirikan patungnya di Bait Suci, dan memaksa orang menyembah dia. Itu adalah permulaan kesusahan besar, yaitu pada akhir zaman ini, tiga setengah tahun yang terakhir.

Di bawah kedaulatan dan belas kasihan Allah, saat ini akan dipersingkat. Siksaan di bawah Antikristus akan sangat hebat sehingga tidak seorang pun dapat bertahan. Jika Allah tidak mempersingkatnya, dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat. Tetapi demi orang-orang pilihan, hari-hari itu akan dibatasi hanya selama tiga setengah tahun. Ayat 23 mengatakan, “Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihatlah, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.” Orang-orang Yahudi menolak Yesus sebagai Mesias mereka dan mengharapkan Mesias yang belum datang. Kristus, tidak akan muncul di sini atau di sana, di bagian bumi mana pun, melainkan akan turun ke awan-awan dari surga.


Sumber: Pelajaran-Hayat Matius, Buku 4, Berita 62

No comments: