Hitstat

24 May 2018

Matius - Minggu 34 Kamis


Pembacaan Alkitab: Mat. 25:31-46
Doa baca: “Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.” (Mat. 25:31)


Dalam dua bagian pertama nubuat kerajaan, Tuhan mengungkap orang Yahudi dan gereja. Pada akhir zaman ini, orang-orang di bumi akan terbagi menjadi tiga golongan: orang Yahudi, orang beriman, dan orang kafir. Ayat 31 mengatakan, “Tetapi ketika Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya” (Tl.). Anak Manusia adalah gelar atau sebutan Kristus sehubungan dengan kerajaan-Nya, Kerajaan Mesias (13:41). Penghakiman-Nya di sini adalah persiapan untuk kerajaan itu.

Kemuliaan Tuhan meliputi kemuliaan keilahianNya (Yoh. 17:22), kemuliaan keinsanian-Nya (Mzm. 45:4), kemuliaan kebangkitan-Nya (Yoh. 7:39), dan kemuliaan kenaikan-Nya (Ibr. 2:9). Kedatangan yang dikatakan dalam ayat ini ialah aspek terbuka kedatangan Tuhan, yang merupakan kelanjutan kedatangan-Nya yang disebutkan dalam Matius 24:30. Takhta tempat Ia bersemayam ialah takhta Daud (Luk. 1:32-33), yang berada di Yerusalem (Mat. 19:28; Yer. 3:17).

Matius 25:32 mengatakan, “Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya.” Ini berarti bahwa bangsa-bangsa, yaitu orang-orang bukan Yahudi, akan dikumpulkan di hadapan-Nya. Ketika Tuhan membicarakan sepuluh gadis, Ia tidak mengatakan bahwa mereka akan dikumpulkan; sebaliknya, Ia mengatakan bahwa mereka datang. Dalam pembicaraan tentang hamba yang menerima talenta, Tuhan juga mengatakan bahwa mereka datang. Kedatangan menunjukkan keterangkatan. Tetapi bangsa-bangsa takkan datang, mereka akan dikumpulkan. Dalam perumpamaan yang sama dengan perumpamaan domba dan kambing, perumpamaan ketujuh dalam Matius 13, ikan pun dikumpulkan dari laut. Semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan takhta kemuliaan Kristus dan dihakimi di sana.


Sumber: Pelajaran-Hayat Matius, Buku 4, Berita 67

No comments: