Hitstat

26 June 2008

Markus Volume 5 - Minggu 3 Jumat

Menyingkapkan Kemunafikan Ahli-Ahli Taurat
1 Petrus 2:1
Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah.

Ayat Bacaan: 2 Kor. 3:16; Mrk. 12:38-40

Segera setelah Tuhan menaklukkan semua penentang dan telah berbicara kepada mereka tentang Kristus, Dia memberitahu mereka suatu peringatan tentang menghadapi ahli-ahli Taurat. Tuhan memberikan peringatan-Nya tersebut dalam Markus 12:38. Perkataan ini, tidak diragukan, dibicarakan berkaitan dengan fakta bahwa meskipun ahli Taurat dianggap mengenal Alkitab, namun mereka tahu sangat sedikit mengenai Kristus. Mereka tahu sesuatu tentang keinsanian Kristus; namun, mereka tidak tahu apa pun mengenai keilahian-Nya. Mereka kekurangan pengenalan yang tepat tentang realitas Kristus. Karena kekurangan ini, Tuhan Yesus memperingatkan orang-orang untuk berhati-hati terhadap ahli-ahli Taurat.
Menurut perkataan Tuhan, ahli-ahli Taurat tidak hanya suka berjalan-jalan dengan jubah panjang dan suka akan penghormatan di tempat-tempat umum, tetapi juga suka duduk di tempat terbaik di sinagoga dan tempat terhormat dalam perjamuan (Mrk. 12:39). Selain itu, ahli-ahli Taurat “menelan rumah janda-janda dan mereka mengelabui mata orang dengan mengucapkan doa yang panjang-panjang” (Mrk. 12:40). Ini menunjukkan bahwa ahli-ahli Taurat hanya memiliki penampilan, tidak memiliki realitas. Fakta bahwa ahli-ahli Taurat suka berjalan berkeliling dengan memakai jubah yang panjang menunjukkan bahwa mereka memperhatikan hal-hal kedudukan, kehormatan, dan kemuliaan. Mereka juga suka menerima penghormatan dan pengakuan manusia. Ini menunjukkan dengan kuat bahwa mereka adalah pengajar-pengajar Alkitab yang kosong dan sia-sia, benar-benar kekurangan Kristus. Dalam kehidupan mereka tidak ada realitas. Sebaliknya mereka mencari kedudukan, kehormatan, dan kemuliaan.
Saudara-saudari, kita semua perlu memperhatikan peringatan Tuhan mengenai ahli-ahli Taurat. Ada kemungkinan kita juga bisa seperti ahli-ahli Taurat yang mencari kedudukan, kehormatan, ketenaran, dan kemuliaan yang sia-sia serta tidak memiliki realitas Kristus. Karena itu, setiap hari kita tidak hanya perlu membaca Alkitab. Terlebih lagi kita perlu datang kepada Tuhan, melalui memalingkan hati kita dan berdoa kepada Tuhan. Dengan demikian kita tidak akan menjadi seperti ahli Taurat yang penuh kemunafikan.

No comments: