Hitstat

04 July 2008

Markus Volume 5 - Minggu 4 Sabtu

Berjaga-jaga, Berdoa, dan Menantikan
Markus 13:33
Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu kapan saatnya tiba.

Ayat Bacaan: Mrk. 13:28-37

Dalam Markus 13:28-37 kita memiliki perkataan mengenai berjaga-jaga, berdoa, dan menantikan Hamba-Penyelamat. Berdoa sangat penting bagi kita, agar kita hati-hati dan berjaga-jaga menantikan kedatangan Tuhan. Dalam Alkitab Tuhan dengan jelas memberi tahu kita bahwa ia akan datang kembali, dan dengan serius berpesan kepada kita, harus berjaga-jaga menantikan kedatangan-Nya kembali. Tidak ada orang yang tahu pada hari apa, jam berapa, Dia akan datang. Sebab itu, orang yang menanti kedatangan-Nya harus berjaga-jaga. Yang bisa membuat kita berjaga-jaga ialah berdoa. Hanya orang yang berdoa yang bisa menantikan kedatangan Tuhan. Sebab itu, kalau kita mau berjaga-jaga menanti kedatangan Tuhan, tidak boleh kekurangan berdoa.
Kita tahu, setiap kali harus berjaga-jaga di dalam doa dikarenakan di depan ada bahaya. Setiap kali harus waspada, dikarenakan di depan ada musuh. Kalau tidak ada musuh dan bahaya, tidak perlu berjaga-jaga. Sebab itu kita harus berjaga-jaga memelihara waktu doa dan permohonan, perlu sekuatnya mencari waktu untuk berdoa. Kalau menunggu ada waktu yang luang baru berdoa, selamanya tidak akan ada kesempatan untuk berdoa. Semua orang yang ingin melakukan pekerjaan berdoa, semua orang yang ingin maju dalam kehidupan berdoa, semuanya harus menyediakan waktu untuk berdoa.
Karena itu kita harus menjaga waktu ini, sekuatnya memegang waktu ini. Kita harus memiliki doa yang melindungi waktu doa kita. Dengan doa memohon Allah menjaga supaya waktu itu tidak hilang. Karena kalau waktu itu hilang, tidak akan ada doa. Andrew Murray berkata, “Orang yang tidak menetapkan waktu untuk berdoa, tidak memiliki doa.” Kalau kita tidak secara khusus menyisihkan waktu untuk berdoa, selamanya kita tidak ada waktu untuk berdoa. Setiap hari mungkin bisa lima belas menit berdoa akan sangat menguatkan kita. Meskipun kita telah menetapkan waktu untuk setiap hari berdoa, tetapi masih perlu dengan doa menjaga waktu itu, dengan doa memagari waktu itu, supaya tidak direbut oleh musuh.

No comments: