Hitstat

04 September 2008

Markus Volume 8 - Minggu 1 Jumat

Berada di Dalam Kristus
Kolose 2:12
Karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.

Ayat Bacaan: 1 Kor. 1:30; Kol. 2:12; Flp. 4:13

Sering kali ketika memberitakan Injil di desa-desa, orang harus memakai ilustrasi yang sangat sederhana untuk menggambarkan kebenaran ilahi yang dalam. Saudara Watchman Nee suatu ketika memberitakan Injil di sebuah desa dan harus menjelaskan sesuatu yang tidak mudah dimengerti, yakni tentang istilah “di dalam Kristus”. Pada saat itu dia mengambil sebuah buku kecil dan menyisipkan selembar kertas di dalamnya, lalu dia berkata kepada orang-orang yang lugu itu, “Perhatikan dengan cermat. Saya mengambil selembar kertas, yang memiliki ciri-ciri tersendiri, yang berbeda dengan buku ini. Saya sisipkan kertas itu ke dalam buku ini. Lalu saya mengirimkan buku ini ke Shanghai lewat pos. Lalu, di manakah kertas itu? Mungkinkah buku ini tiba di Shanghai, sedangkan kertas itu tetap di sini? Mungkinkah nasib kertas itu berbeda dengan nasib buku ini? Tidak! Ke mana buku ini pergi kertas itu pun ada di situ. Jika saya melemparkan buku ini ke sungai, kertasnya pun jatuh ke sungai; jika saya dengan cepat mengambilnya lagi, saya pun mendapatkan kertas itu lagi. Pengalaman apa saja yang dialami buku itu, juga dialami oleh kertas itu, karena ia ada di dalam buku itu.”
Karena Allah sendiri telah menaruh kita di dalam Kristus (1 Kor. 1:30), maka ketika Ia membiarkan Kristus disalibkan, umat manusia yang ada di dalam Kristus juga disalibkan. Apa yang Dia alami, kita pun mengalaminya; karena berada “di dalam Kristus” berarti bersatu dengan Dia baik dalam kematian maupun dalam kebangkitan-Nya (Kol. 2:12). Ketika Ia disalibkan, kita semua disalibkan bersama-Nya; ketika Dia dikuburkan, kita pun dikuburkan bersama-Nya; ketika Dia dibangkitkan, kita pun dibangkitkan bersama-Nya.
Kalau kita menyadari bahwa Allah telah meletakkan kita dalam Kristus dan kita mau membiarkan Kristus menggantikan kita, kita tidak akan lagi berusaha dengan kekuatan diri sendiri untuk mengalahkan dosa atau untuk memiliki hidup yang berkemenangan, tetapi kita akan berpaling ke dalam roh kita karena Kristus ada di sana. Di dalam Kristus, kita menikmati anugerah, suplai hayat, dan kekuatan untuk mengalahkan dosa; bahkan Alkitab menegaskan bahwa segala perkara dapat kita tanggung di dalam Dia (Flp. 4:13). Haleluya!

No comments: