Hitstat

24 September 2008

Markus Volume 8 - Minggu 4 Kamis

Pertolongan Roh Yesus Kristus
Filipi 1:9
Karena aku tahu, bahwa kesudahan semuanya ini ialah keselamatanku oleh doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus.

Ayat Bacaan: Yoh. 3:16; Yoh. 1:12; Flp. 1:19

Melalui menerima Tuhan Yesus, kita beroleh keselamatan kekal (Yoh. 3:16; Yoh. 1:12). Sama seperti Paulus dan kaum beriman terdahulu, kita telah menerima keselamatan kekal. Tetapi selain keselamatan ini, kita masih perlu keselamatan setiap hari, satu keselamatan yang dapat kita alami dari saat ke saat. Sebagai contoh, boleh jadi satu jam yang lalu seorang suami sangat baik terhadap istrinya, tetapi sekarang sikapnya telah berubah 180 derajat. Mengapa? Hal ini disebabkan dalam sejangka waktu itu, ia telah kehilangan keselamatan pribadi dan keselamatan setiap hari. Pada saat yang demikian, ia sangat memerlukan pertolongan.
Keselamatan yang dibicarakan Paulus dalam Filipi 1:19 bukan keselamatan kekal; bukan keselamatan dari hukuman Allah atau neraka. Sebaliknya, inilah keselamatan setiap hari, keselamatan yang berkesinambungan, yang dapat diterapkan setiap saat. Bagaimana agar dapat mengalami keselamatan yang berkesinambungan? Kita memerlukan suplai (pertolongan, LAI) yang limpah dan lengkap dari Roh Yesus Kristus (Flp. 1:9). Dengan mengalami keselamatan yang demikian, Paulus berharap tidak peduli keadaan, lingkungan, atau kesengsaraan apa pun yang terjadi, ia tidak akan beroleh malu. Sebaliknya, Kristus akan diperbesar di dalam tubuhnya.
Setelah penyaliban dan kebangkitan, Kristus menjadi Roh, dan Roh ini disebut Roh Yesus Kristus, Roh dari persona yang menjadi seorang manusia, yang telah mati di atas salib, dan yang kini berada dalam kebangkitan. Jadi, di dalam Roh Yesus Kristus terkandung unsur penyaliban dan kebangkitan. Saat mengalami suplai yang limpah dan lengkap dari Roh Yesus Kristus, daging dan ego kita disalibkan, sebaliknya roh kita dibangkitkan.
Suplai yang limpah dan lengkap dari Roh Yesus Kristus itu sesungguhnya ada di dalam firman. Kalau kita ingin mengalami keselamatan setiap hari melalui suplai yang limpah dan lengkap dari Roh Yesus Kristus, kita harus baik-baik menikmati firman Tuhan. Jika kita membaca dan mendoakan suatu bagian firman, sekalipun hanya sepuluh menit, kita akan menerima perawatan. Selain itu, kita pun akan mengalami berbagai unsur kekayaan Kristus.

No comments: