Hitstat

11 March 2009

Lukas Volume 6 - Minggu 4 Kamis

Tiga Setengah Tahun Masa Kesusahan Besar
Lukas 21:27-28
Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat.”

Ayat Bacaan: Luk. 21:20-27; Mat. 25:15; Why. 14:1-5; 3:10; Mat. 24:39-42

Lukas 21:20-27 merupakan nubuat tentang kesusahan besar dan kedatangan Tuhan. Nubuat ini akan digenapi pada tiga setengah tahun terakhir dari zaman ini, yaitu masa kesusahan besar (Mat. 24:21), paruh kedua dari minggu terakhir yang dinubuatkan dalam Daniel 9:27. Jangka waktu itu akan dimulai dengan pendirian patung Antikristus (berhala) di Bait Allah (Mat. 24:15) dan akan berakhir dengan kedatangan Kristus secara terbuka dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya (Luk. 21:27).
Lukas 21:20 mengatakan, “Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah bahwa keruntuhannya sudah dekat.” Ini bukan mengacu kepada tahun 70 M ketika pasukan Romawi, yang dipimpin oleh Titus, mengepung Yerusalem dan menghancurkannya. Ayat tersebut mengacu kepada sesuatu yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Antikristus akan membawa pasukannya ke Yerusalem, dan kota itu akan dikepung oleh pasukannya. Tuhan mengatakan bahwa bila kita melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, kita akan tahu bahwa keruntuhannya sudah dekat.
Kemudian, orang-orang di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota Yerusalem harus mengungsi, dan mereka yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke kota (Luk. 21:21). Semua orang yang tetap tinggal di Yerusalem akan turut dalam penderitaannya. Lukas 21:25-27 memperlihatkan malapetaka-malapetaka yang supernatural di langit yang akan mengikuti kesusahan besar pada penutupan zaman ini.
Apakah kaitannya antara nubuat tentang kesusahan besar dengan kita, kaum beriman yang hidup jauh dari tanah Israel? Kita harus tahu bahwa sebelum terjadi kesusahan besar ada pengangkatan kaum beriman pemenang (Why. 14:1-5; 3:10; Mat. 24:39-42). Sebelum kesusahan besar terjadi, orang beriman yang hidup pada zaman ini, yang matang lebih dulu dan yang menang, akan diangkat ke Gunung Sion surgawi. Demikian pula, sisa orang beriman yang hidup pada zaman ini, yang menang, akan diangkat ke hadirat Kristus. Pengangkatan tersebut menghindarkan mereka dari siksaan hebat oleh antikristus dan nabi-nabi palsunya selama masa kesusahan besar.

No comments: