Hitstat

07 February 2010

Kisah Para Rasul Volume 3 - Minggu 4 Senin

Dibaptis Dalam Nama Tuhan Yesus
Kisah Para Rasul 8:16
Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus

Ayat Bacaan: Kis. 8:16; 19:5; Mat. 28:19

Sebelum rasul-rasul itu datang ke Samaria, kaum beriman di sana "hanya dibaptis ke dalam nama Tuhan Yesus." (Tl.) Perhatikan bahwa ayat ini tidak mengatakan "di dalam nama (in the name, di dalam ruang lingkup nama itu)"; ayat ini mengatakan "ke dalam nama (into the name)." Nama mengacu kepada persona. Dibaptis ke dalam nama Tuhan Yesus berarti dibaptis ke dalam persona Tuhan, disatukan dengan Kristus yang tersalib, bangkit, dan naik ke surga, memiliki kesatuan yang organik dengan Tuhan yang hidup.
Di dalam Matius 28:19 Tuhan menyuruh murid-murid untuk membaptis kaum imani ke dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Tetapi kemudian, di dalam Kisah Para Rasul, mereka membaptis kaum beriman ke dalam nama Tuhan Yesus (Kis. 8:16; 19:5). Apakah mereka telah membuat suatu kesalahan? Tentu saja tidak. Tuhan Yesus adalah perwujudan Allah Tritunggal. Dia adalah Allah Tritunggal. Jadi, dibaptis ke dalam nama Tuhan Yesus adalah sama dengan dibaptis ke dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Apabila kita dibaptis ke dalam nama Tuhan Yesus, kita dilayakkan ke dalam Persona Tuhan, Allah Tritunggal. Kita tidak lagi di dalam diri kita sendiri atau di dalam dunia tapi di dalam Allah Tritunggal!
Ketika Saulus dibaptis, seluruh masa lalunya dikuburkan dan dia diletakkan ke dalam Kristus. Melalui seruannya dia menikmati pembasuhan dosa-dosanya, menerima Persona itu. Kita mungkin tidak merasa bahwa kita seburuk Saulus yang menjebloskan kaum imani ke dalam penjara. Tetapi mungkin saja kita terlibat dalam perdebatan dengan anggota keluarga, sering merasa bahwa kita benar, dan orang lain salah. Namun begitu kita menyeru nama Tuhan, menikmati Dia, Tuhan mungkin menyoroti dan menerangi kita. Ini adalah pengalaman dari menyeru nama Tuhan dan baptisan kita. Seruan kita membawa lebih banyak Allah Tritunggal sebagai Roh itu masuk ke dalam Anda. Dia datang sebagai terang, pengampunan, dan kasih. Kita perlu mengingat ini setiap saat, menyeru nama Tuhan dan menyadari bahwa kita tidak lagi di dalam dunia, ego kita, dan dosa-dosa kita. Kita telah dibaptis ke dalam Tuhan Yesus, dan kita adalah orang-orang yang menyeru nama Tuhan kita yang terkasih.

No comments: