Hitstat

25 February 2010

Kisah Para Rasul Volume 4 - Minggu 2 Jumat

Gereja Dibangun dan Jumlahnya Bertumbuh
Kisah Para Rasul 9:31
“Selama beberapa waktu...Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan. Jumlahnya makin bertambah besar oleh pertolongan dan penghiburan Roh Kudus”

Ayat Bacaan: Kis. 9:31; Ef. 1:22-23

Kisah Para Rasul 9:31 mengatakan, “Selama beberapa waktu jemaat (gereja) di seluruh Yudea, Galilea, dan Samaria berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan dan jumlahnya bertambah besar oleh pertolongan Roh Kudus.” Ayat ini membicarakan tentang Yudea, Galilea, dan Samaria, semuanya adalah propinsi di Kekaisaran Romawi. Karena pada waktu itu gereja hanya meluas ke propinsi Yudea, Galilea, dan Samaria, dan karena kata “seluruh” mencakup semua tempat di mana gereja berada, maka di sini digunakan istilah “gereja” dalam bentuk tunggal ini dalam arti universal. Tetapi pasti ada gereja-gereja dalam arti lokal di sejumlah kota dalam ketiga propinsi tersebut.
Dalam ayat 31, kita juga melihat gereja di seluruh Yudea, Samaria, dan Galilea berada dalam keadaan damai meskipun ada penganiayaan yang di luar. Dalam keadaan demikianlah, gereja itu dibangun. Mereka juga hidup dalam takut akan Tuhan dan hidup dalam penghiburan Roh Kudus. Orang-orang Yahudi memandang Yudea sebagai propinsi yang paling baik, Galilea sebagai satu daerah yang hina dan Samaria sebagai satu daerah yang penuh dengan percampuran. Tidak peduli betapa Galilea itu sangat diremehkan dan tidak peduli betapa Samaria ditolak oleh orang-orang Yahudi di Yerusalem, gereja-gereja yang dibangun di daerah itu semuanya harus dianggap sebagai satu gereja. Secara lokal, ada gereja-gereja, tetapi secara universal, semua gereja ini adalah gereja. Di sini kita memiliki satu wahyu yang mendasar mengenai keesaan gereja secara universal.
Gereja universal adalah Tubuh Kristus yang unik. Dalam bahasa Yunani, gereja adalah ekklesia yang berarti kumpulan orang-orang yang telah dipanggil oleh Allah keluar dari dunia. Dengan demikian gereja terdiri dari semua orang beriman dalam Kristus (Ef. 1:22-23). Gereja berasal dari Tuhan, milik Tuhan, bukan milik perorangan atau pekerjaan seseorang. Saudara-saudari, darimana pun asal kota kita, meskipun ada perbedaan latar belakang, kebudayaan, pendidikan dan sebagainya tetapi di dalam Kristus kita semua adalah satu Tubuh Kristus yang unik.

No comments: