Hitstat

24 July 2018

Markus - Minggu 7 Selasa


Pembacaan Alkitab: Mrk. 3:22-35; Kis. 26:18
Doa baca: Untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan. (Kis. 26:18)


Dalam Markus 3:27 Tuhan berkata “Tetapi tidak seorang pun dapat memasuki rumah seorang yang kuat untuk merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu. Sesudah itu barulah dapat ia merampok rumah itu.” “Harta benda” di sini adalah orang-orang dosa tertawan dalam rumah Iblis bagi kerajaannya. Hamba-Penyelamat mengikat Iblis, orang kuat itu, dan masuk ke dalam rumahnya untuk merampas orang-orang dosa, agar mereka dapat dibawa masuk ke dalam rumah Allah (Ef. 2:19) melalui kelahiran kembali, demi Kerajaan Allah (Yoh. 3:5). Ketika Hamba-Penyelamat sedang melakukan pelayanan Injil, Ia mengikat orang kuat itu, yakni Iblis. Pelayanan Injil adalah suatu peperangan untuk menghancurkan Iblis dan kerajaan kegelapannya.

Markus 3:27 semakna dengan firman Tuhan kepada Paulus dalam Kisah Para Rasul 26:18, “untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah.” Ketika Paulus dipanggil Allah untuk memberitakan Injil, ia disuruh memalingkan orangorang dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah. Kuasa Iblis adalah kerajaan Iblis. Hari ini ketika kita memberitakan Injil kepada orangorang, kita juga perlu memalingkan mereka, tawanan-tawanan Iblis, dari kuasa kegelapan kepada Allah dan kerajaan-Nya.

Ketika Ia memberitakan Injil, Tuhan menghancurkan kerajaan Iblis oleh kekuatan Roh Kudus. Pada saat baptisan-Nya Ia menyangkal diri- Nya sendiri, menguburkan diri-Nya sendiri di dalam air kematian. Tuhan tidak akan melakukan apa pun oleh tenaga, kekuatan, atau energi-Nya sendiri. Sebaliknya, Ia melakukan segala sesuatu oleh Roh Kudus. Khususnya, oleh Roh Kudus Ia memberitakan Injil untuk merampas isi rumah Iblis dan menghancurkan kerajaannya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 1, Berita 12

No comments: