Hitstat

14 September 2018

Markus - Minggu 14 Jumat


Pembacaan Alkitab: Mrk. 9:14-50
Doa baca: Jawab-Nya kepada mereka: ‘Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan doa.’” (Mrk. 9:29)


Menerapkan Kristus Sebagai Pengganti


Markus 9:14-50 sesungguhnya adalah menerapkan wahyu Kristus sebagai pengganti kita. Hasilnya adalah “bukan lagi aku, melainkan Kristus.” Namun, bagaimana wahyu ini dapat diterapkan?

Sebagai manusia, kita semua memiliki masalah dengan temperamen kita. Jadi, kita dapat menggunakan masalah temperamen, terutama dalam kehidupan pernikahan, sebagai suatu ilustrasi dari fakta bahwa “setan” tertentu dapat diusir hanya melalui doa. Dalam kehidupan pernikahan, suami atau istri mudah bermasalah dengan tempramen, temperamen adalah masalah yang serius dalam kehidupan pernikahan dan adalah sebuah penyebab perpisahan dan perceraian. Karena itu, kita tentunya memerlukan Kristus dalam kehidupan pernikahan kita. Ketahuilah, dalam kehidupan pernikahan kita, kita memerlukan Dia lebih banyak daripada dalam aspek lain dari kehidupan kita sebagai manusia.

Tahukah Anda bagaimana memiliki kehidupan pernikahan yang terbaik? Jalannya adalah mempraktikkan “bukan lagi aku, melainkan Kristus”. Tetapi bagaimana kita dapat mempraktikkan hal ini? Jalan untuk mempraktikkan hal ini adalah berdoa. Sebagai contoh, Anda seharusnya tidak mencoba menaklukkan temperamen Anda. Jika Anda mencoba dalam diri Anda untuk menaklukkan temperamen Anda, Anda akhirnya akan memiliki masalah yang lebih serius dengannya, cepat atau lambat, Anda akan marahmarah. Ini adalah mencoba mengusir “setan” temperamen dengan usaha Anda sendiri tanpa melalui doa.

Sesungguhnya, kita tidak perlu berdoa panjangpanjang. Cukup dengan sederhana menyeru, “Oh, Tuhan Yesus!” Bahkan doa pendek semacam ini menunjukkan “bukan lagi aku, melainkan Kristus”. Doa Anda mempersaksikan bahwa Anda tidak bersandarkan usaha Anda sendiri untuk mengatasi situasi. Sebaliknya, Anda menerapkan Kristus.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 27

No comments: