Hitstat

01 September 2018

Markus - Minggu 12 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Mrk. 7:31—8:26
Doa baca: “Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini, karena sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan.” (Mrk. 8:2)


Disembuhkan untuk Merawat


Setelah menyembuhkan orang yang tuli dan bisu, Hamba-Penyelamat memberi makan empat ribu orang (Mrk. 8:1-9). Markus 8:2 mengatakan, “Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini, karena sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan.” Kebajikan-kebajikan Hamba-Penyelamat tentang belas kasihan, simpati, dan perhatian yang lemah lembut di sini diperlihatkan dengan jelas dan manis dalam keinsanian-Nya.

Peristiwa memberi makan empat ribu orang menunjukkan bahwa setelah kita disembuhkan dan mampu mendengar dan berbicara, kita bersyarat untuk merawat orang lain. Hari ini banyak orang Kristen yang tidak bersyarat merawat orang lain, karena mereka sendiri masih tuli dan bisu. Saya percaya bahwa ketika kaum beriman telah disembuhkan secara khusus, mereka akan menjadi orang-orang yang merawat, mampu menyajikan kebenaran kepada orang, dengan demikian merawat mereka. Agar memiliki perawatan sedemikian, penyembuhan telinga dan lidah kita.

Hari ini ada sejumlah orang Kristen yang murni, mereka telah menerima penyembuhan Tuhan yang khusus, dan mereka telah menjadi orang yang dapat merawat orang lain. Tetapi ada juga sejumlah orang yang berpura-pura, munafik.

Dalam 8:14-21 Tuhan Yesus terus memperingatkan murid-murid-Nya mengenai ragi orang Farisi dan ragi Herodes. Dalam ayat 15 Tuhan berkata, “Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes.” Dalam Alkitab ragi melambangkan hal-hal yang jahat (1 Kor. 5:6, 8) dan ajaran yang jahat (Mat. 16:6, 11-12). Tuhan memperingatkan murid-murid-Nya untuk waspada terhadap ragi kemunafikan orang Farisi dan ragi ketidakadilan Herodes.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 1, Berita 23

No comments: