Hitstat

21 September 2018

Markus - Minggu 15 Jumat


Pembacaan Alkitab: Mrk. 9:38-50
Doa baca: “Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi hambar, dengan apakah kamu mengasinkannya? Hendaklah kamu senantiasa mempunyai garam dalam dirimu dan hidup berdamai seorang dengan yang lain.” (Mrk. 9:50)


Digarami


Alasan kaum beriman tidak hidup damai seorang dengan yang lain adalah bahwa banyak yang menganggap diri sendiri menjadi seseorang dan berpikir diri sendiri lebih besar daripada yang lain. Hasilnya adalah bahwa yang lain menyebabkan tersandung, dan pintu terbuka bagi musuh untuk memanfaatkan anggota-anggota tubuh kaum beriman yang penuh dengan nafsu untuk menyebabkan mereka tersandung.

Di manakah ada orang Kristen yang tidak pernah tersandung baik oleh orang lain atau oleh perbuatan mereka sendiri? Situasinya adalah bahwa kaum beriman menyebabkan orang lain tersandung, dan kemudian Satan datang untuk memanfaatkan mata, tangan, kaki mereka untuk menyebabkan mereka tersandung. Karena itu, Kaum beriman menyebabkan orang lain tersandung, dan setiap orang menyebabkan dirinya sendiri tersandung.

Karena situasi di antara kaum beriman, situasi yang penuh dengan sandungan, kita sangat-sangat perlu visi Kristus yang murid-murid lihat di gunung pengubahan. Markus 9:7 mengatakan, “Lalu datanglah awan menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara, ‘Inilah Anak-Ku yang terkasih, dengarkanlah Dia.’” Kita perlu visi akan kematian dan kebangkitan Kristus. Ini berarti bahwa kita perlu menerapkan kematian-Nya kepada diri kita sendiri dan kemudian menerima suplaian-Nya yang kaya dalam kebangkitan-Nya yang unggul. Jika kita digantikan oleh Kristus dengan cara ini, kita akan disembuhkan oleh “kuman” di dalam kita. Kita akan digarami bahkan di dalam zaman ini. Digarami di dalam zaman ini adalah digarami oleh anugerah melalui kematian dan kebangkitan Kristus. Tetapi jika kita menunggu digarami di dalam zaman yang akan datang, kita akan digarami dengan api.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 29

No comments: