Hitstat

26 September 2018

Markus - Minggu 16 Rabu


Pembacaan Alkitab: Mrk. 10:1-31
Doa baca: “Orang itu pada zaman ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.” (Mrk. 10:30)


Kenikmatan di Zaman yang akan Datang


Dalam Markus 10:15 kita nampak dua aspek mengenai kerajaan: menerima kerajaan dan masuk ke dalam kerajaan. Apakah Anda telah menerima Kerajaan Allah? Kita semua dapat menjawab, Amin! Aku tentu telah menerima Kerajaan Allah. Dalam ayat 29-30 terdapat jawaban Tuhan: “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, atau saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, atau ibunya atau bapaknya, atau anak-anaknya atau ladangnya, orang itu pada zaman ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup (hayat) yang kekal.

Di sini hayat yang kekal tidak disebutkan berkaitan dengan keselamatan. Dalam ayat ini hayat yang kekal adalah upah, kenikmatan kita di zaman yang akan datang. Dalam kerajaan yang akan datang kaum beriman yang menang akan menikmati hayat yang kekal. Masuk ke dalam kenikmatan ini pada zaman yang akan datang adalah masuk ke dalam kerajaan yang akan datang dan berpartisipasi dalam kenikmatan akan hayat yang kekal. Perkataan Tuhan di sini berkaitan dengan menerima Kerajaan Allah dan secara khusus, berkaitan dengan masuk ke dalam kerajaan pada zaman yang akan datang.

Jika kita ingin masuk ke dalam kerajaan yang akan datang, kita perlu dengan tepat menangani tiga hal: pernikahan, umur (atau keusangan), dan harta. Kita perlu memperhatikan masalah pernikahan sesuai dengan ketetapan Allah, kita perlu dijaga agar tidak menjadi usang secara rohani, dan kita perlu menangani harta kita dengan cara yang tepat. Semoga kita terkesan dengan fakta bahwa pengajaran Tuhan mengenai hal-hal ini dalam pasal 10 berkaitan dengan masuk ke dalam Kerajaan Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 30

No comments: