Hitstat

26 October 2019

Lukas - Minggu 37 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Yoh. 14:10-20
Doa baca: “Pada waktu itulah kamu akan tahu bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.” (Yoh. 14:20)


Roh Pemberi-Hayat di dalam Manusia Tripartit


Sebagai kaum beriman, kita memiliki Roh pemberi-hayat yang almuhit di dalam kita. Roh pemberi-hayat ini datang sebagai perampungan dari Allah Tritunggal. Yohanes 14:10-20 mewahyukan bahwa ketika Putra datang, Bapa ada di dalamnya. Ketika Roh itu datang, Putra datang bersama-Nya. Ini berarti Roh itu datang sebagai Allah Tritunggal. Ketika Roh itu datang, Allah Tritunggal juga datang.

Dalam Alkitab, kata Ibrani untuk Roh adalah ruach; sedangkan kata Yunaninya adalah pneuma. Keduanya menyatakan roh, hembusan, udara—selalu tersedia untuk kita hirup. Roma 10:8 mengatakan bahwa firman itu tidak jauh dari kita, tetapi sangat dekat, bahkan di dalam mulut kita dan di dalam hati kita. Firman yang hidup, yakni Roh itu, ada di dalam mulut kita dan di dalam hati kita, sama seperti udara, nafas, yang dapat kita terima ke dalam diri kita. Kita perlu mengenal hal ini dan menanggapinya dengan berseru kepada Tuhan Yesus, maka Tuhan Yesus akan masuk ke dalam kita.

Ketika Tuhan ada di dalam kita, Roh itu, Putra, dan Bapa, semuanya ada di dalam kita. Udara rohani yang kita hirup ini sebenarnya adalah Allah Tritunggal. Allah Tritunggal menyalurkan diri-Nya sendiri ke dalam manusia tripartit.

Mengenai hal ini, Yohanes 14:20 mengatakan, “Pada waktu itulah kamu akan tahu bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.” Dalam ayat ini “kamu” adalah manusia tripartit, dan “Aku” adalah Allah Tritunggal. Agar Allah Tritunggal tinggal di dalam manusia tripartit, Dia perlu melalui proses-proses tertentu: inkarnasi, kehidupan insani, kematian, dan kebangkitan. Setelah melalui proses ini, Allah Tritunggal sekarang bukan hanya di atas takhta, tetapi juga ada di dalam kita. Puji Tuhan! Kebangkitan Manusia-Penyelamat adalah transfigurasi-Nya menjadi Roh pemberi-hayat, dan sebagai Roh ini sekarang Dia berhuni di dalam kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 3, Berita 73

No comments: