Hitstat

22 October 2019

Lukas - Minggu 37 Selasa


Pembacaan Alkitab: Luk. 4:18
Doa baca: “'Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku” (Luk. 4:18)


Tidak Terpisah Melainkan Saling Huni


Tuhan Yesus tidak hanya diutus “dari dan bersama” Bapa, Ia juga dikandung dari Roh Kudus (Mat. 1:18, 20). Kemudian pada umur tiga puluh tahun, ketika Manusia-Penyelamat keluar untuk menunaikan ministri-Nya, Roh itu turun ke atas-Nya (Luk. 3:22). Di dalam ministri-Nya, Tuhan memberitakan Injil oleh Roh itu (Luk. 4:18).

Jika kita menjajarkan semua ayat mengenai Putra, Bapa, dan Roh itu, kita akan nampak bahwa ketika Yesus Kristus ada di bumi Dia adalah Allah Tritunggal. Bukan Putra saja yang ada di sana, melainkan Bapa dan Roh itu juga ada di sana. Maka, Dia adalah perwujudan dari ke-Allahan (Kol. 2:9).

Dalam Yohanes 14:8, Filipus berkata, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” Heran dengan pertanyaan ini, Tuhan menjawab, “Siapa saja yang telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang tinggal di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-pekerjaan-Nya” (ay. 9b-10). Karena Putra ada di dalam Bapa dan Bapa juga ada di dalam Putra, di mana saja Putra berada, di sana juga Bapa berada.

Dalam Yohanes 14:16-17, Dia selanjutnya berkata, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.” Ini menunjukkan bahwa Bapa, Putra, dan Roh itu tidak terpisah, melainkan saling huni.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 3, Berita 72

No comments: