Hitstat

14 December 2019

Yohanes - Minggu 04 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Yoh. 3:1-21
Doa baca: “Jawab Yesus, ‘Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, jika seseorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.’” (Yoh. 3:5)


Air dan Roh Membawa Keselamatan


Hal apakah yang diperlukan manusia untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah? Apakah pengajaran? Atau kebaikan? Bukanlah keduanya. Tuhan Yesus dalam Kitab Yohanes mewahyukan bahwa bukan pendidikan yang bisa menyelamatkan manusia. Kebudayaan dan kebaikan juga tidak dapat menyelamatkan manusia. Bahkan mukjizat pun tidaklah mampu untuk menyelamatkan manusia. Untuk seseorang bisa diselamatkan dan masuk ke dalam Kerajaan Allah, seorang manusia perlu dilahirkan kembali.

Mengenai perkara kelahiran kembali ini, kita perlu melihat perkataan Tuhan Yesus dalam Yohanes 3:5. Di sana Ia mewahyukan bahwa seseorang perlu dilahirkan dari air dan Roh. Apakah maksud dari “air dan Roh” di sini? “Air dan Roh” di sini bukanlah sebuah kiasan atau pun perumpamaan. Jika kita memperhatikan perbincangan antara Tuhan Yesus dan Nikodemus, kita akan melihat bahwa “air dan Roh” di sini mengacu kepada air dan Roh. Kedua istilah yang digunakan Tuhan di sini adalah istilah yang sangat umum digunakan oleh Nikodemus. Meskipun demikian, Nikodemus masih tidak paham.

Untuk memahami hal ini, marilah kita kembali kepada Yohanes Pembaptis. Dalam ministri Yohanes Pembaptis, ministri pertobatan, air menjadi inti dari ministrinya. Air memiliki makna menguburkan, mengakhiri manusia ciptaan lama. Jadi, seseorang yang berdosa kemudian bertobat, ia dikuburkan, ditamatkan. Lalu, bagaimana dengan dibaptis dengan Roh? Sebagaimana air adalah makna dari ministri Yohanes, Roh merupakan makna dari ministri Tuhan Yesus. Roh ini adalah Roh yang melahirkan kembali, menunaskan ciptaan baru.  Roh ini membawa hayat Allah masuk ke dalam manusia. Hari ini, jika kita ingin diselamatkan, kita perlu berbagian dalam ministri Yohanes dan Tuhan Yesus, bertobat dan beriman. Dengan demikian, hayat lama kita dikuburkan, dan hayat Allah lahir di dalam kita. Inilah arti dari dilahirkan dari air dan Roh.


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 1, Berita 8

No comments: