Hitstat

06 June 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 4 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Kis. 2:1-4; Yoh. 20:22
Kidung #220


Baptisan Roh Kudus 


Doa baca: “Dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti lidah api yan bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Lalu mereka semua dipenuhi dengan Roh Kudus dan mulai berbicara dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk dikatakan.” (Kis. 2:3-4)


Bahasa Yunani untuk “dipenuhi” dalam ayat 4 adalah pletho mengacu kepada memenuhi secara luaran. Menurut penggunaanya dalam kitab ini, pleroo mengacu kepada memenuhi bejana secara batin seperti angin memenuhi rumah di dalam (ay.2); pletho mengacu kepada memenuhi secara luaran, seperti Roh itu memenuhi murid-murid secara luaran dalam ayat ini. Murid-murid dipenuhi secara batiniah (pleroo) dan secara esensial dengan Roh itu (13:52) untuk kehidupan kristiani mereka. Secar luaran dan secara ekonomikal, murid-murid dipenuhi (pletho) dengan Roh itu untuk ministri kristiani mereka. Setiap kaum beriman dalam Kristus seharusnya mengalami kedua aspek Roh Kudus itu.

Pemenuhan luaran oleh Roh yang dicurahkan adalah pembaptisan Tubuh oleh Kepala (yang naik ke surga) ke dalam Roh itu. Pada hari Pentakosta, kaum beriman Yahudi, bagian pertama dari Tubuh-Nya, dibaptis. Di dalam rumah Kornelius, kaum beriman bukan Yahudi, bagian kedua dari Tubuh-Nya, dibaptis dengan cara yang sama (Kis. 10:44-47). Melalui dua langkah ini Dia telah membaptiskan seluruh Tubuh-Nya ke dalam Roh itu sekali untuk selamanya (1 Kor 12:13). Dia membaptis Tubuh-Nya ke dalam Roh itu adalah dia membaptis Tubuh-Nya ke dalam diri-Nya sendiri. Ini merupakan penggenapan baptisan dalam Roh Kudus yang dijanjikan Kristus sebagai Kepala Tubuh dalam Kisah Para Rasul 1:5. Dalam 2:1-13 kita nampak pencurahan Roh Kudus ke atas murid-murid secara ekonomikal. Itu adalah langkah dari pembaptisan Roh Kudus kaum beriman Yahudi dan di dalam rumah Kornelius, Kristus membaptis kaum beriman bukan Yahudi dalam Roh Kudus. Dua langkah ini, Kristus, telah membaptis seluruh Tubuh-Nya ke dalam Roh Kudus satu kali untuk selamanya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 7

No comments: