Hitstat

19 June 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 6 Jumat


Pembacaan Alkitab: Kis. 2:14-40; Mrk. 16:16
Kidung #450


Baptisan dalam Nama Yesus Kristus


Doa baca: “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.” (Mrk. 16:16)


Baptisan yang ditetapkan Tuhan Yesus adalah membaptis orang keluar dari hayat mereka dan masuk ke dalam hayat Tubuh. Markus 16:16 berkata “percaya dan dibaptis”. Percaya berarti menerima Tuhan (Yoh. 1:12), tidak hanya untuk pengampunan dosa-dosa (Kis. 10:43), tetapi juga untuk kelahiran kembali (1 Ptr. 1:21, 23), supaya siapa saja yang percaya, dapat menjadi anak-anak Allah (Yoh. 1:12-13) dan anggota Tubuh Kristus (Ef. 5:30) dalam kesatuan yang organik dengan Allah Tritunggal (Mat. 28:19). Dibaptis berarti menegaskan hal ini dengan dikuburkan guna mengakhiri ciptaan lama melalui kematian Kristus dan dengan dibangkitkan menjadi ciptaan baru Allah melalui kebangkitan Kristus. Baptisan yang sedemikian ini jauh lebih maju daripada baptisan pertobatan oleh Yohanes (Mrk. 1:4; Kis. 19:3-5). Percaya dan dibaptis merupakan dua bagian dari satu langkah yang lengkap untuk menerima keselamatan Allah yang sempurna. Dibaptis tanpa percaya hanyalah upacara agama yang kosong begitu juga percaya tanpa dibaptis berarti hanya diselamatkan pada bagian batiniah tanpa penegasan lahiriah dari keselamatan yang di dalam itu. Keduanya ini harus berjalan seiring.

Perjanjian Baru menggunakan tiga kata depan yang berbeda untuk menjelaskan hubungan baptisan dengan Tuhan. “Dibaptis dalam nama Yesus Kristus” (Kis. 10:48) berarti dibaptis ke dalam ruang lingkup nama Yesus Kristus, yang di dalam-Nya ada realitas baptisan. “Dibaptis ke dalam nama Tuhan Yesus” (Mat. 28:19; Kis. 8:16, Tl.) adalah dibaptis ke dalam persona Tuhan, disatukan dengan Kristus yang tersalib, bangkit, dan naik, diletakkan ke dalam satu kesatuan yang organik dengan Tuhan yang hidup. “Dibaptis di atas nama Yesus Kristus” (Kis. 2:38, Tl.) berarti dibaptis di atas kedudukan yang diwakili oleh nama Yesus Kristus. Di atas dasar inilah orang-orang beriman dalam Kristus dibaptis.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 11

No comments: