Hitstat

30 June 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 8 Selasa


Pembacaan Alkitab: Yes. 12:3-4; Kis. 3:11-26
Kidung #254


Berbagai Aspek Kristus


Doa baca: “Bukankah telah dikatakan Musa: Tuhan Allah akan membangkitkan bagimu seorang nabi dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku: Dengarkanlah dia dalam segala sesuatu yang akan dikatakannya kepadamu. Dan akan terjadi bahwa setiap orang yang tidak mendengarkan nabi itu, akan dibinasakan dari tengah-tengah umat.” (Kis. 3:22-23)


Dalam 3:22-23 Petrus menunjukkan bahwa Tuhan Yesus adalah seorang Nabi. Sebagai Nabi, Kristus berbicara bagi Allah, dan Dia membicarakan Allah. Dalam 3:25 kita nampak bahwa Tuhan Yesus juga adalah keturunan Abraham: “Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Melalui keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati.” Dalam ayat ini “keturunan” mengacu kepada Kristus (Gal. 3:16). Di sini Petrus seolah-olah berkata, “Manusia Yesus, orang Nazaret, Dia yang dihina oleh para pemimpin Yahudi, adalah keturunan Abraham yang melalui Dia semua bangsa di bumi akan diberkati. Dia bukan hanya Hamba Allah, Yang Kudus, Yang Benar, Perintis Kehidupan, dan Nabi, Dia juga adalah keturunan Abraham, yang melaluinya seluruh bumi akan diberkati.”

Ketika kita membaca Kisah Para Rasul 3, kita perlu memperhatikan semua butir yang berhubungan dengan Kristus sebagai Sang Penyembuh. Dia adalah Hamba Allah, dan Yang Kudus, Dia yang menjadi mutlak bagi Allah. Sebagai Yang Benar, Dia benar terhadap Allah, terhadap manusia, dan terhadap segala sesuatu yang di surga dan di bumi. Selain itu, Dia adalah Perintis Kehidupan. Dia bukan hanya hayat, Dia adalah Pemula hayat, sumber, dan asal hayat. Dia juga mendatangkan waktu kelegaan. Ketika kita mengontak Dia, kita berada dalam waktu kelegaan. Penyembuh ini juga adalah Nabi yang berbicara bagi Allah dan mengutarakan Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 14

No comments: