Hitstat

08 January 2010

Kisah Para Rasul Volume 2 - Minggu 3 Sabtu

Allah Membangkitkan dan Mengutus-Nya kepada kamu
Kisah Para Rasul 3:26
Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu

Ayat Bacaan: Kis. 3:26; Rm. 8:15; 10:12-13; 1 Kor. 2:12

Setelah menyajikan Kristus sebagai Sang Penyembuh dalam berbagai aspek, Petrus mengungkapkan satu perkataan kesimpulan dalam ayat 26, yaitu bahwa Allah telah mengutus kembali Kristus yang naik ke surga, pertama-tama kepada orang-orang Yahudi dengan mencurahkan Roh-Nya pada hari Pentakosta. Roh yang Allah curahkan itu adalah Kristus yang dibangkitkan dan ditinggikan ke atas segala tingkat langit oleh Allah.
Pada waktu Petrus membicarakan firman yang tercatat dalam ayat 26 ini, Hamba Allah telah naik ke surga dan tetap ada di sana. Meskipun demikian, Petrus memberitahu orang-orang bahwa Allah telah mengutus Kristus untuk memberkati mereka. Sebenarnya, Allah telah menerima Kristus ke dalam surga. Tetapi Petrus mengatakan bahwa Allah telah mengutus Dia yang naik ini kepada umat-Nya. Dengan cara bagaimanakah Allah mengutus Kristus yang naik ini kepada umat Yahudi? Dengan cara mencurahkan Roh itu. Roh yang dicurahkan itu sebenarnya adalah diri Kristus yang naik itu. Ketika Roh yang dicurahkan itu sampai kepada orang-orang; Kristus, Dia yang telah naik, yang diutus oleh Allah sampai kepada orang-orang itu. Dari hal ini kita nampak bahwa Roh yang dicurahkan itu identik dengan Kristus yang naik. Dalam ekonomi Allah bagi pengalaman umat-Nya, Kristus yang naik dan Roh yang dicurahkan itu adalah satu, satu bagi kenikmatan kita.
Di sini Petrus seolah-olah berkata, “Allah telah mengutus Dia, pertama-tama kepada kamu untuk memberkati kamu. Bagaimanakah Allah mengutus Kristus? Allah mengutus Dia dengan cara mencurahkan Roh-Nya kepada kamu untuk memberkatimu. Sekarang kamu perlu menerima Dia. Dia tidak jauh darimu. Meskipun Dia ada di surga, secara ekonomikal Dia ada di antara kamu sebagai Roh yang dicurahkan untuk memberkati kamu. Jika kamu berseru kepada nama-Nya, kamu akan menerima persona-Nya — Roh Kudus. Nama-Nya adalah “Yesus”, tetapi persona-Nya adalah Roh itu. Berserulah kepada nama Tuhan Yesus dan terimalah Roh itu. Maka kamu akan memiliki berkat Allah.” Inilah cara kita menerima berkat yang ingin Allah berikan kepada kita dengan kembali mengutus Kristus yang naik kepada kita sebagai Roh pemberi-hayat.

No comments: