Hitstat

26 January 2010

Kisah Para Rasul Volume 3 - Minggu 2 Rabu

Teladan Membagikan Tanggung Jawab

Kisah Para Rasul 6:6
Mereka itu dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itupun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka

Ayat Bacaan: Im. 1:4; 1 Tim. 4:14; Ef. 4:16; 5:21; 1 Kor. 12:21-22

Karena Petrus dan para rasul lainnya memikul tanggung jawab atas ministri firman, maka mereka memberikan pelayanan meja kepada orang-orang kudus lainnya. Dalam ayat 6 para rasul menumpangkan tangan mereka ke atas tujuh orang yang melayani. Ini adalah perkara penyatuan (Im. 1:4) dan penyaluran (1 Tim. 4:14). Menurut teladan ini, kita tidak boleh menggantungkan semua tanggung jawab pelayanan di atas bahu kita sendiri, tetapi perlu membagikan tanggung jawab kepada semua orang kudus. Ini adalah satu prinsip yang penting. Kita mungkin melakukan sesuatu menurut kehendak Allah, tetapi apa yang kita lakukan seharusnya bukan melalui diri kita sendiri tetapi melalui pelayanan dalam Tubuh.
Efesus 4:16 mengatakan, “Dari Dialah seluruh tubuh yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota.” Orang yang menerima karunia memberitakan Injil, harus dengan rela hati melakukannya. Di lain pihak, ia juga harus dengan rendah hati menerima ajaran Alkitab yang diajarkan oleh mereka yang mempunyai karunia mengajar. Dan jika seseorang memiliki karunia mengajar, ia tidak dapat menganggap dirinya sudah mengetahui semuanya, namun harus menghormati dan menerima pekerjaan orang lain. Kita harus belajar menerima pembatasan. Kita harus belajar menerima pekerjaan orang lain sama seperti pekerjaan sendiri.
Kita harus mencapai tahap segenap Tubuh berkoordinasi bersama dalam pelayanan. Janganlah kita meremehkan satu anggota Tubuh, memandangnya begitu kecil, sampai tidak ada fungsinya. Setiap anggota Tubuh mempunyai fungsinya sendiri dan tidak bisa digantikan oleh anggota Tubuh yang lain (1 Kor. 12:21-22). Bahkan fungsi yang sebesar apa pun tidak bisa menggantikan fungsi yang paling kecil. Karena itu dalam pelayanan gereja setiap orang perlu menunaikan tugas dan fungsinya masing-masing. Dalam gereja tidak ada seorang pun yang boleh menjadi anggota pasif. Oleh karena itu, kita perlu belajar mempercayai anggota tubuh yang lain melalui membagikan tanggung jawab pelayanan kepada orang lain.

No comments: