Hitstat

07 November 2008

Lukas Volume 2 - Minggu 2 Sabtu

Disembuhkan, Segera Bangun, dan Melayani
Lukas 4:39
Lalu Ia berdiri di sisi perempuan itu, lalu menghardik demam itu, dan penyakit itupun meninggalkan dia. Perempuan itu segera bangun dan melayani mereka.

Ayat Bacaan: Luk. 4:39; 1:74-75; 2 Kor. 5:14-15; Rm. 12:1

Kita sungguh-sungguh memerlukan keselamatan penyembuhan dari Manusia-Penyelamat. Melalui penyampaian firman-Nya dan iman kita, kita disembuhkan sehingga fungsi rohani kita telah pulih dan kini kita dapat mulai melayani Tuan kita. Kita ini sama seperti ibu mertua Petrus yang setelah disembuhkan segera bangun dan melayani Tuhan. Semua orang yang telah disembuhkan, yang adalah milik Allah seharusnya adalah orang-orang yang melayani Allah. Hal ini tidak dapat ditawar lagi.
Dalam Perjanjian Lama, berapa banyak orang yang mendapatkan penebusan di bawah darah anak domba, sebanyak itu pula orang yang keluar ke padang gurun; berapa banyak orang yang menerima karunia keselamatan Tuhan, sebanyak itu pula seharusnya orang yang melayani Allah. Ini menyatakan bahwa setiap orang yang beroleh selamat, haruslah menjadi orang yang melayani; bukan hanya sejumlah kecil orang saja yang bisa melayani.
Melayani Tuhan adalah kasih karunia Tuhan, juga adalah sukacita orang Kristen. Allah mengijinkan kita mempersembahkan diri kepada-Nya, ini adalah memberi kita satu sukacita yang betapa besar! Dalam 2 Korintus 5:15 dikatakan, bahwa Tuhan telah mati bagi kita, bangkit bagi kita, supaya kita yang hidup karena Dia, tidak lagi hidup untuk diri kita sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk kita.
Lukas 1:74-75 memberitahu kita bahwa Allah sudah melepaskan kita dari tangan musuh agar kita dapat melayani Dia tanpa takut, dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita. Allah melepaskan kita dari tangan musuh bukan supaya kita dapat menikmati kesenangan hidup di dunia ini, tetapi agar kita dapat melayani Dia seumur hidup kita. Alangkah tidak logisnya bila kita tidak mempersembahkan diri dan melayani Dia (Rm. 12:1).
Pelayanan adalah hasil dari persembahan diri. Kita semua harus demi kasih Tuhan mempersembahkan diri kepada-Nya, baru dapat melayani Dia. Bila kasih Kristus menguasai kita, maka kita tidak dapat tidak hidup bagi Dia yang telah mati untuk kita (2 Kor. 5:14-15). Jika kita benar-benar nampak apa yang telah Tuhan kerjakan bagi kita, kita pasti akan segera bangkit melayani Dia.

No comments: