Hitstat

08 November 2008

Lukas Volume 2 - Minggu 3 Minggu

Memanggil Orang- orang yang Terjajah
Lukas 5:5-6
Simon menjawab,”Guru telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena perkataan-Mu itu, aku akan menebarkan jala juga.” Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, ....”

Ayat Bacaan: Luk. 5:5-10; 2 Tes. 3:10b

Tanpa disadari seluruh umat manusia telah jatuh bukan hanya dalam dosa, tetapi juga dalam pekerjaan mereka. Pekerjaan adalah usaha atau sarana untuk mencari nafkah. Untuk eksistensi kita, kita memang perlu memiliki satu pekerjaan (2 Tes. 3:10b). Namun masalahnya adalah seringkali pekerjaan itu justru menjajah kita dan menjauhkan kita dari Allah. Lihatlah dunia hari ini. Siapakah yang tidak dijajah oleh pekerjaan atau kesibukannya? Banyak orang yang sibuk, tetapi hampir tidak ada orang yang sibuk bersama Allah. Sebaliknya, setiap orang dijajah oleh sesuatu yang menggantikan Allah, khususnya pekerjaan mereka.
Ketika Tuhan Yesus pertama kali memanggil murid-murid, Dia tidak memanggil mereka dari kehidupan mereka yang penuh dosa, melainkan dari pekerjaan mereka (Luk. 5:8-10). Petrus, Andreas, Yakobus, dan Yohanes memang adalah orang-orang berdosa, tetapi pada waktu mereka dipanggil, mereka sedang sibuk mencari ikan. Perkara mencari ikan telah menduduki mereka. Bekerja untuk mencari nafkah dengan cara yang halal tentu tidak salah, tetapi kapan kala pekerjaan itu mulai menjauhkan hati kita dari Allah, itu patut disayangkan.
Manusia diciptakan oleh Allah bagi diri-Nya sendiri, tetapi manusia telah dijajah dan dijauhkan dari Allah oleh hal mencari nafkah. Tidak ada sesuatu yang menjauhkan orang-orang dari Allah melebihi pekerjaan mereka. Orang-orang yang dijajah oleh hal mencari nafkah biasanya memberikan alasan-alasan ketika mereka diundang untuk mendengarkan Injil atau menghadiri perhimpunan gereja. Jika Anda mengundang mereka, sebagian besar akan mengatakan bahwa mereka sibuk atau tidak ada waktu. Itulah sebabnya Tuhan Yesus perlu melakukan sesuatu untuk menarik orang-orang yang dijajah itu.
Kecenderungan dunia ini semuanya mengarah kepada Iblis dan menjauhi Allah. Sikap yang tepat yang harus kita miliki terhadap pekerjaan adalah kita bekerja agar dapat melayani Allah. Kita bekerja bukan untuk memuaskan hawa nafsu kita, tetapi untuk menopang pekerjaan Injil, meluaskan penyebaran kebenaran, dan memperkuat kesaksian gereja. Kalau tidak demikian, maka pekerjaan itu telah menjajah kita, telah menjauhkan kita dari tujuan Allah.

No comments: