Hitstat

05 May 2009

Yohanes Volume 1 - Minggu 4 Rabu

Dihancurkan dan Dibangun Dalam Kebangkitan
Yohanes 2:19, 21
Jawab Yesus kepada mereka: “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.” Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Ayat Bacaan:Yoh. 2:19, 21; Mat. 20:19; 16:18

Tujuan Satan bukan semata-mata mencemari bait, tetapi juga menghancurkannya. Tujuannya yang terakhir ialah menghancurkan rumah Allah. Namun apa yang dihancurkan musuh, Tuhan akan membangunnya kembali dalam tiga hari (Yoh. 2:19). Ini berarti dalam hayat kebangkitan-Nya, Tuhan membangun kembali apa yang telah dirusak oleh musuh. Firman Tuhan menegaskan, “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali” (Yoh. 2:19). Dengan kata lain, musuh boleh saja merusak gereja, yaitu rumah Allah, namun Tuhan akan membangunnya kembali di dalam kebangkitan dan oleh hayat kebangkitan.
Janganlah kecewa terhadap keadaan kekristenan hari ini. Memang kelihatannya keadaan gereja hari ini cukup kasihan. Namun, apakah Anda percaya bahwa Satan akan mampu mengalahkan Tuhan Yesus? Mustahil bukan? Apakah Anda percaya bahwa Satan lebih kuat daripada Tuhan Yesus? Jawabannya pasti tidak! Berdasarkan fakta inilah maka hati kita seharusnya tinggal dalam damai dan sentosa. Entah sudah berapa banyak kesulitan yang menimpa ke atas gereja, namun kita mempunyai keyakinan penuh bahwa Satan takkan dapat mengalahkan Tuhan Yesus. Sebaliknya, Tuhanlah yang selalu mematahkan setiap rencana dan pekerjaan jahat Satan.
Tuhan mendirikan gereja-Nya di dalam kebangkitan. Setiap kali setelah kesulitan menggerogoti gereja, gereja akan dipulihkan ke dalam keadaan baru dengan hayat kebangkitan. Tuhan Yesus memberitahu lawannya, bahwa apabila mereka merobohkan Bait Suci ini, Dia akan membangunnya kembali dalam tiga hari (Yoh. 2:19). Tuhan Yesus memberitahu mereka bahwa setelah mereka membunuh Dia, Dia akan bangkit lagi (Mat. 20:19). Di dalam kebangkitan, Dia adalah hayat yang menang, menang atas Satan dan kuasanya.
Saudara saudari kekasih, sudahkah Anda mengalami hayat kebangkitan yang mengalahkan pengrusakan Satan? Ingatlah bahwa gereja dibangun dengan hayat kebangkitan, dan Tuhan berkata alam maut tidak akan menguasainya (Mat. 16:18). Asal kita berada di dalam hayat kebangkitan ini, bersatu dengan hayat kebangkitan ini, maut tidak akan pernah dapat berkuasa atas kita.

No comments: