Hitstat

20 May 2009

Yohanes Volume 2 - Minggu 2 Kamis

Dia Harus Makin Besar, Aku Harus Makin Kecil
Yohanes 3:30-31a
Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil. Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya.

Ayat Bacaan: Yoh. 3:30; Kol. 2:19

Setelah berbicara mengenai mempelai laki-laki dan mempelai perempuan, Yohanes Pembaptis kemudian berkata, “Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.” Kita wajib membiarkan Kristus bertambah, sedang kita yang menyusut. Semua orang yang kita bimbing wajib kita bawa kepada-Nya. Jika semua penginjil dan pemimpin kekristenan mau berkata, “Tuhan, biarlah semua orang yang kami layani datang kepada-Mu, agar Engkau bertambah dan kami berkurang”, niscaya lenyaplah segala problema.
Pembangunan gereja sebagai Tubuh Kristus adalah melalui pertumbuhan kita dalam hayat, dan pertumbuhan kita dalam hayat adalah melalui pertumbuhan Allah di dalam kita. Kolose 2:19 mengatakan bahwa seluruh Tubuh bertumbuh dengan pertumbuhan Allah. Ini berarti pertumbuhan kita di dalam hayat ilahi memerlukan Allah bertumbuh di dalam kita. Ketika Allah bertumbuh di dalam kita, kita bertumbuh dengan pertumbuhan Allah. Memang di dalam diri-Nya sendiri, Allah tidak perlu bertumbuh; tetapi di dalam kita, Ia perlu bertumbuh.
Marilah kita memeriksa keadaan kita yang sebenarnya. Manakah yang lebih banyak di dalam kita: diri sendiri, ataukah Allah? Kita mungkin mengatakan bahwa kita memiliki Allah, bersatu dengan Allah. Tetapi bagaimanakah dengan fakta keadaan kita akhir-akhir ini? Banyak di antara kita harus mengakui bahwa di atas diri kita, kadar Allah masih sangat sedikit. Mengapa demikian? Sebab kita tidak memberi ruangan yang memadai bagi-Nya untuk bertumbuh di dalam kita. Sebaliknya, ada banyak hal selain Allah yang menduduki hati kita, sehingga pertumbuhan Allah menjadi terhimpit. Inilah adalah masalah yang serius.
Kita dapat memberi Allah sedikit ruangan melalui berbicara bagi Dia. Kita perlu belajar berbicara bagi Tuhan, mengutarakan Tuhan ke dalam orang lain. Semakin kita berbicara, semakin kita memiliki sesuatu untuk dibicarakan. Semakin kita berbicara, semakin kita menerima suplaian Allah. Dengan jalan demikian, Ia bertumbuh di dalam kita. Selain itu, kita pun dapat memberi Dia ruang untuk bertumbuh melalui berdoa. Semakin banyak berdoa, semakin Dia leluasa bergerak di dalam kita dan bekerja melalui kita. Kiranya kita terus belajar bekerja sama dengan Allah demi pertumbuhan-Nya di dalam kita.

No comments: