Hitstat

21 May 2009

Yohanes Volume 2 - Minggu 2 Jumat

Mengalami Kristus yang Tak Terukur
Yohanes 3:34
Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.

Ayat Bacaan: Yoh. 3:34

Kristus harus bertambah dan kita semua harus berkurang, sebab Kristus itu tak terbatas, meliputi segala sesuatu (almuhit). Secara lahiriah, Dia memang kecil dan direndahkan orang, sebab Dia dibesarkan di Nazaret, di rumah seorang tukang kayu yang miskin. Dalam penampilan-Nya, Dia tidak tampan, juga tidak semarak. Namun, sebenarnya Kristus itu tak terukur. Dia lebih tinggi daripada sorga dan lebih lebar dari alam semesta. Dia itu melampaui segala-galanya.
Yohanes 3:34 mengatakan, “Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.” Ayat tersebut memperlihatkan dua hal: Tuhan Yesus menyampaikan firman Allah kepada umat-Nya, dan Ia memberi Roh Kudus kepada umat Allah tanpa batas. Karena Kristus sendiri tak terbatas, maka Roh yang Dia karuniakan juga tanpa batas.
Di dalam gereja, dua hal utama yang kita perlukan adalah firman Allah dan Roh yang tak terbatas. Tanpa kedua hal tersebut, gereja hanyalah sebuah organisasi yang tanpa hayat, tidak ada pembangunan yang sejati. Rahasia pertumbuhan gereja sebagai Tubuh Kristus adalah adanya suplai firman Allah dan Roh yang tak terbatas. Karena itu, kita harus sangat menghargai kedua hal tersebut, bahkan lebih mementingkan keduanya daripada urusan apa pun di dalam gereja. Begitu kita kekurangan suplai firman Allah dan kekurangan Roh itu, maka segera kita jatuh dalam kondisi yang merosot. Sebaliknya, asalkan kita mempunyai firman yang berlimpah dan Roh yang hidup, itu sudahlah merupakan bukti bahwa kita ini gereja. Di mana Tuhan Yesus berada, di sanalah Anda akan menjumpai firman yang kaya dan Roh yang hidup.
Pemberitaan Injil kita seharusnya penuh dengan firman dan Roh. Tanpa firman dan Roh, pemberitaan Injil kita kosong melompong, tidak ada isi dan kuasa. Pelayanan apa pun tidak boleh kekurangan firman dan Roh. Kita tidak bisa mengandalkan cara-cara manusia atau pengalaman di masa lampau. Kita perlu membiarkan firman-Nya dengan limpah tinggal di dalam kita dan Roh-Nya meluapi kita, barulah kita dapat melayani Dia dengan tepat.

No comments: