Hitstat

29 May 2009

Yohanes Volume 2 - Minggu 3 Sabtu

Tuaian yang Mengagumkan
Yohanes 4:35
Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai.

Ayat Bacaan: Yoh. 4:28-42

Sesudah perempuan Samaria itu menyadari bahwa Tuhan Yesus adalah Mesias yang telah datang, maka percayalah ia. Sejak detik itu, hidupnya mengalami perubahan yang hebat. Ditinggalkan tempayannya, lalu ia pergi ke kotanya, dengan penuh keyakinan dia memberikan kesaksian yang hidup kepada banyak orang. Alkitab memberitahu kita, kesaksian ini kemudian menghasilkan suatu tuaian yang berlimpah (Yoh. 4:28-42).
Siapakah yang dapat bersaksi bagi Tuhan? Banyak orang beranggapan bahwa yang patut bersaksi adalah mereka yang telah lulus sekolah Alkitab, atau setidaknya mereka yang memiliki nama baik di masyarakat. Benarkah demikian? Sama sekali tidak benar! Lihatlah perempuan Samaria itu. Dia bukan lulusan sekolah Alkitab, juga bukan seorang yang punya reputasi baik. Namun begitu dia beroleh selamat, minum air hayat, dia langsung bersaksi bagi Tuhan. Dia bukan bersaksi kepada satu dua orang secara diam-diam, dengan malu-malu, melainkan bersaksi kepada orang-orang sekotanya secara terbuka!
Melalui kesaksian yang hidup dari perempuan Samaria itu, akhirnya banyak orang berdosa dibawa ke hadapan Tuhan (Yoh. 4:39). Begitu mereka bersentuhan dengan Tuhan, mereka semua menjadi percaya dan menerima Dia sebagai Juruselamat mereka. Inilah tuaian yang menakjubkan dari kesaksian yang hidup. Asal kita sudah minum air hidup itu, kita pasti dapat bersaksi bagi Tuhan dengan berani kepada teman-teman kita. Kesaksian yang demikian tidak akan sia-sia, sebaliknya akan menghasilkan tuaian yang besar bagi Tuhan.
Tuhan berkata, “Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai” (Yoh. 4:35). Saudara saudari, jangan menunggu empat bulan lagi, baru pergi bersaksi menuai jiwa-jiwa. Tuhan berkata sekaranglah saatnya untuk menuai, sebab ladang sudah menguning dan siap untuk dituai. Jika kita melihat ke ladang (dunia), kita akan melihat bahwa banyak orang yang sungguh-sungguh haus akan Kristus. Kita perlu membawakan Kristus kepada mereka dan membawa mereka kepada Kristus. Inilah caranya menuai bagi Kristus.

No comments: