Hitstat

03 May 2009

Yohanes Volume 1 - Minggu 4 Senin

Dibersihkan dari Segala Hal yang Mencemarkan
Yohanes 2:15
Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya.

Ayat Bacaan: Yoh. 2:15; 1 Kor. 3:16

Tuhan membersihkan bait Allah dengan membuat cambuk dari tali. Mengusir lembu, kambing domba dan penukar uang, berarti mengusir semua pekerjaan duniawi. Sebagai bait Allah, kita seharusnya dipenuhi oleh Allah. Namun kenyataannya, seringkali kita malahan dipenuhi dengan barang dagangan, uang, serta meja penukar uang. Karena itulah Tuhan mau tak mau membuat cambuk tali guna mengusir hal-hal itu keluar dari kita. Kita ini adalah Bait Allah (1 Kor. 3:16). Ketika kita datang ke dalam perjamuan Tuhan untuk memperingati Dia, mungkin sekali kita ini dipenuhi oleh hal-hal duniawi. Pada saat demikian kita pun memerlukan pembersihan, supaya kita ini menjadi bait Allah yang wajar dan tepat.
Seringkali Tuhan memakai “cambuk dari tali”, yakni benda-benda yang lazim dan biasa, untuk membersihkan kita. Adakalanya melalui seorang yang biasa saja Ia membersihkan Anda, umpamanya istri Anda atau suami Anda, orang tua Anda atau anak-anak Anda, majikan Anda atau pegawai Anda. Kita semua telah mengalami cambuk tali yang dibuat Tuhan dari orang-orang atau benda-benda yang biasa saja bagi pembersihan diri kita. Kadangkala pula Tuhan bahkan datang untuk campur tangan dalam hidup kita dengan menjungkirbalikkan benda-benda atau perkara-perkara. Dia datang mengusir lembu, kambing domba dan merpati, serta membalikkan meja-meja agar memporakporandakan seluruh situasi. Misalnya, tahun kemarin Anda baru beroleh keuntungan banyak di dalam usaha Anda, namun tahun ini Anda rugi sampai habis, inilah cambuk yang Tuhan pakai untuk membersihkan Anda. Pada setiap orang Kristen yang mengasihi Tuhan, selalu terdapat seseorang atau sesuatu yang Allah pakai untuk membersihkan dia.
Di dalam kehidupan gereja, sering kali Tuhan bahkan menggunakan saudara dan saudari sebagai cambuk tali untuk membersihkan “barang-barang dagangan dan penukar-penukar uang” yang bersarang di dalam kita. Cambuk yang kita alami itu sengaja dibuat oleh Tuhan. Mungkin kita terperanjat tatkala Tuhan mencambuk kita. Jangan salah paham dengan Tuhan. Dia mencambuk kita untuk membersihkan kita, agar kita layak menjadi tempat kediaman-Nya.

No comments: