Hitstat

02 July 2010

Kisah Para Rasul Volume 8 - Minggu 4 Sabtu

Melengkapkan Firman Allah
Kisah Para Rasul 24:27
Tetapi sesudah genap dua tahun, Feliks digantikan oleh Perkius Festus, dan untuk mengambil hati orang Yahudi, ia membiarkan Paulus tetap dalam penjara.

Ayat Bacaan: Kis. 24:27

Menurut Kisah Para Rasul 24:27, Tuhan menyisihkan dua tahun masa Paulus ditahan di Kaisarea. Dalam tahun-tahun itu, Paulus pasti memikirkan apa yang telah terjadi dalam Kisah Para Rasul 15 dan 21. Menurut Anda, apa yang Paulus lakukan selama dua tahun ditahan di Kaisarea? Apakah setelah melalui begitu banyak huru-hara, Paulus tidak melakukan apa-apa selain membaca Kitab Suci? Paulus pasti merenungkan kembali pengalamannya dalam pasal 15 dan 21. Selama dua tahun itu pula, ia dipersiapkan oleh Tuhan untuk menulis delapan Surat Kiriman: kitab Ibrani, Efesus, Filipi, Kolose, 1 dan 2 Timotius, Titus, dan Filemon yang melengkapi ekonomi Perjanjian Baru Allah.
Dalam Perjanjian Baru, para rasul (terutama Rasul Paulus) melengkapkan firman Allah sehubungan dengan rahasia Allah yang adalah Kristus dan sehubungan dengan rahasia Kristus yang adalah gereja, untuk memberi kita wahyu yang lengkap tentang ekonomi Allah. Dengan lebih sederhana, melengkapkan firman Allah berarti mengalami Kristus secara subyektif dan menikmati Dia dalam kehidupan sehari-hari, agar hidup gereja yang tepat dapat terwujud untuk mengekspresikan Allah.
Kita semua perlu menunaikan kewajiban kita demi melengkapkan firman Allah. Orang-orang yang baru masuk ke dalam pemulihan Tuhan perlu kelengkapan firman Allah. Misalnya, seorang pendatang baru mungkin percaya dengan teguh bahwa Kristus adalah Allah, adalah Pencipta. Tetapi, dia mungkin tidak memahami kealmuhitan Kristus, juga tidak mengalami Dia sebagai Sang almuhit yang sedemikian. Ketika dia mendengar tentang aspek Kristus ini, dia mungkin bingung. Hal ini menunjukkan bahwa ada orang yang perlu melengkapkan firman Allah baginya. Dia adalah almuhit. Anda menyuplaikan kekayaan Kristus kepada orang lain, dan mereka pun menyuplaikan Kristus kepada Anda. Jika situasi kita demikian, kita semua akan terpelihara dan menikmati Kristus lebih banyak daripada yang lalu. Kemudian, melalui kepengurusan rumah tangga yang menyalurkan kekayaan Kristus, gereja akan terbangun secara riil.

Aku telah menjadi pelayan gereja itu menurut penyelenggaraan Allah yang diberikan kepadaku bagi kamu, untuk melengkapkan firman Allah. (Kol. 1:25, Tl.)

No comments: