Hitstat

30 July 2010

Kisah Para Rasul Volume 9 - Minggu 4 Sabtu

Tanpa Rintangan Apa-apa
Kisah Para Rasul 28:31
Dengan terus-terang dan tanpa rintangan apa-apa ia memberitakan Kerajaan Allah dan mengajar tentang Tuhan Yesus Kristus.

Ayat Bacaan: Kis. 28:30-31; Yoh. 5:17; 1 Kor. 6:17

Kisah Para Rasul tidak ada penutupnya. Setelah Kisah Para Rasul 28, masih banyak bejana Allah yang melakukan pekerjaan Allah. Pekerjaan Allah terus maju, tidak berhenti di sana. Bukan setelah Paulus bekerja di Roma dua tahun, kemudian tidak ada kelanjutannya lagi. Katakan saja riwayat hidup Paulus, setelah dia tinggal di Roma, kemudian mati martir, hal-hal itu tidak tercatat dalam Kisah Para Rasul. Petrus, Paulus dan Yohanes, tiga orang yang paling penting, kesudahan mereka tidak dimasukkan ke dalamnya. Kalau demikian, bagaimana kita bisa mengatakan bahwa Kisah Para Rasul sudah selesai?
Kesaksian Allah tidak bisa habis ditulis. Kalau mau ditulis, maka akan terus ada perkara baru yang bisa dimasukkan. Meskipun perkara-perkara setelah pasal 28 tidak ditulis lagi, namun pekerjaan Allah terus berkelanjutan. Tuhan berkata, “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga” (Yoh. 5:17). Allah masih akan terus maju. Pekerjaan Allah juga akan terus maju, sampai kerajaan, sampai langit baru dan bumi baru; Allah tetap maju, tidak berhenti di sana. Kalau kita mengetahui ini dan juga percaya ini, kita akan memuji syukur kepada Allah. Kita perlu berdoa setiap hari, “Tuhan, aku ingin Engkau tanpa rintangan apa-apa didalamku. Aku ingin Engkau tanpa rintangan apa-apa di dalam seluruh diriku sehingga Engkau bisa menggarapkan diri-Mu ke dalam setiap bagian dan memiliki jalan untuk mengalir keluar untuk melaksanakan pergerakan-Mu di bumi ini. Jadikanlah diriku bagian dari kelanjutan korporat-Mu bagi penggenapan ekonomi kekal-Mu.”
Kita semua pernah melihat lomba lari “tiga kaki”. Dalam lomba ini, yang menentukan bukanlah seberapa cepat atau lambat para pesertanya. Sebaliknya ini adalah perihal dapat tidaknya mereka dapat bekerja sama dan berkoordinasi satu dengan yang lain. Hari ini kita telah diikat bersama dengan Tuhan dalam lomba lari “tiga kaki” (1 Kor. 6:17). Tetapi, sering kali ketika Dia bergerak, kita tidak bergerak; dan ketika Tuhan tidak mau bergerak, kita malah bergerak. Jadi masa depan pelayanan Tuhan dan kemajuan gereja akan tergantung pada bagaimana kita bekerja sama dan berkoordinasi dengan Tuhan.

Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga.” (Yoh. 5:17)

No comments: