Hitstat

29 July 2010

Kisah Para Rasul Volume 9 - Minggu 4 Jumat

Keselamatan Allah Disampaikan pada Bangsa lain
Kisah Para Rasul 28:28
Sebab itu kamu harus tahu bahwa keselamatan yang berasal dari Allah ini disampaikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan mendengarnya.

Ayat Bacaan: Kis. 28:28; Mat. 28:19; Mrk. 16:16; Rm. 10:14-15; Mat. 24:14; Rm. 11:25-26

Dalam alam semesta ini, ada seruan dari atas yang memanggil kaum beriman untuk memberitakan Injil, menyelamatkan manusia, yaitu seruan Tuhan di surga. Walaupun pesan ini ditinggalkan kepada kita sewaktu Tuhan ada di bumi, namun hari ini di surga Tuhan tetap berpesan demikian kepada kita, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk” dan “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku” (Mrk. 16:15; Mat. 28:19; Rm. 10:14-15). Secara geografis, Dia menghendaki kita pergi ke seluruh dunia untuk memberitakan Injil; secara rasial (suku bangsa), Dia menghendaki kita pergi agar semua bangsa menjadi murid-Nya. Sejak Ia naik ke surga sampai hari ini, seruan dari atas ini belum pernah berhenti. Dari zaman ke zaman, selalu ada orang yang mendengar seruan-Nya dan menjawab panggilan-Nya, pergi ke seluruh dunia, memberitakan Injil-Nya.
Bahkan Ia pun menggunakan kuasa pengaturan-Nya, agar perubahan di tengah-tengah umat manusia terus berkembang sesuai dengan gerakan yang dihasilkan oleh seruan-Nya. Terutama setelah Martin Luther mengadakan reformasi, Columbus menemukan daratan luas, pelayaran menjadi lancar, maka banyak orang yang menjawab seruan-Nya, pergi ke benua Amerika, Afrika, juga ke negara-negara di Asia, serta ke pulau-pulau di Samudera Pasifik, untuk memberitakan Injil rahmat-Nya kepada tiap-tiap suku bangsa. Ia akan tetap melanjutkan seruan-Nya, memanggil orang untuk pergi memberitakan Injil ke setiap pelosok bumi.
Dampak dari pemberitaan Injil yang pertama adalah mengakhiri zaman. Dalam Matius 24:14 Tuhan mengatakan bahwa bila Injil telah diberitakan di seluruh dunia, barulah tiba kesudahannya. Sebab itu memberitakan Injil bisa mengakhiri zaman ini. Dampak yang kedua adalah mendesak kembalinya Tuhan. Roma 11:25-26 berkata bahwa bila jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain yang beroleh selamat telah masuk, Tuhan akan datang kembali. Sebab itu memberitakan Injil juga bisa mendesak kembalinya Tuhan. Semoga kita yang mendengar seruan-Nya, menjawab panggilan-Nya, dan pergi, agar zaman ini diakhiri dan Tuhan dapat datang kembali.

Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya. (Mat. 24:14)

No comments: