Hitstat

30 May 2011

1 Korintus - Minggu 12 Senin

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 3:1-9


Dalam 1 Kor. 3:2 Paulus berkata, "Susulah yang kuberikan kepadamu, bukan makanan keras." Memberi orang minum susu atau makanan untuk dimakan berarti merawat orang. Merawat berbeda dengan mengajar, merawat adalah perkara hayat, mengajar adalah perkara pengetahuan. Yang rasul berikan kepada kaum beriman di Korintus kelihatannya adalah pengetahuan, tetapi sebenarnya adalah susu. Ungkapan penting pertama dalam 1 Korintus 3 adalah merawat. Merawat orang lain itu sangat menyenangkan. Seorang ibu, misalnya, dengan senang hati merawat anak-anaknya. Demikian pula, Paulus, ingin merawat orang-orang beriman Korintus bukan hanya dengan susu, tetapi juga dengan makanan keras.

Dalam ayat 2, susu itu untuk diminum, sedangkan makanan keras itu untuk dimakan. Karena itu, pemikiran tentang merawat yang dipakai di sini mengacu kepada makan dan minum. Sebelum Anda memasuki kehidupan gereja, mungkin Anda telah menjadi orang Kristen selama bertahun-tahun, namun Anda belum pernah mendengar berita tentang minum. Bila kita ingin menjadi orang Kristen yang wajar, kita harus menjadi orang Kristen yang minum. Minum adalah pemikiran dasar dalam 1 Korintus. Dalam 12:13 Paulus berkata bahwa kita semua telah diberi minum dari satu Roh. Konsepsi mengenai minum bukan ditemukan oleh Paulus. Tuhan Yesus berbicara mengenai minum dalam Yohanes 4:14 dan Yohanes 7:37. Semua orang Kristen harus menjadi orang-orang yang menikmati minuman rohani.

Dalam ayat 6, 7, dan 8, Paulus berbicara tentang menanam. Khususnya ia berkata tentang dirinya sendiri, "Aku menanam." Paulus bukan hanya orang yang merawat, tetapi juga seorang penanam. Kita diberi tahu bahwa Paulus merawat orang kudus, memberi mereka sesuatu untuk dimakan dan diminum, dan ia juga menanam, tetapi dalam ayat ini kita tidak diberi tahu bahwa Paulus adalah seorang guru.

Mengiringi penanaman, kita memiliki penyiraman dan pertumbuhan (ay. 6-7). Jadi, dalam ketujuh ayat yang pertama dari pasal ini kita memiliki 6 perkara yang indah: merawat, minum, makan, menanam, menyiram, dan bertumbuh. Dalam hal ini, 1 Korintus 3 adalah unik. Dengan cara yang sangat singkat, dalam jangkauan hanya tujuh ayat, Paulus menyinggung enam perkara indah. Dalam cara yang riil dan dari pengalaman, ia menyinggung merawat, minum, makan, menanam, menyiram, dan bertumbuh.

Sidang-sidang gereja haruslah seperti perjamuan yang terdiri atas beberapa hidangan. Apabila seorang teman mengundang Anda untuk makan di rumah makan, bersiaplah untuk menikmati hidangan demi hidangan. Dalam beberapa perjamuan, mungkin ada sampai dua puluh hidangan yang berbeda termasuk daging, ikan, unggas, sayur mayur, dan sup. Gereja harus menjadi sebuah rumah makan, tempat kita berpesta menikmati Kristus secara berkesinambungan. Kristuslah menu unik yang disajikan di rumah makan gereja. Di rumah makan ini kita menikmati hidangan yang terbaik, sebab setiap menu makanan adalah satu aspek dari Kristus sendiri.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Korintus, Buku 2, Berita 29

No comments: