Hitstat

02 May 2011

1 Korintus - Minggu 8 Senin

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 1:9, 24, 30; 2:11


Dalam 1 Korintus Paulus meliput banyak hal yang bahkan tidak disebut-sebut dalam Surat Roma. Misalnya, dalam 1:9 Paulus mengatakan bahwa melalui Allah yang setia kita telah dipanggil ke dalam persekutuan Anak-Nya Yesus Kristus. Perkataan semacam ini tidak diucapkan Paulus dalam suratnya kepada orang Roma. Dalam 1:24 Paulus melanjutkan bahwa bagi kita yang dipanggil, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah. Hal ini tidak disebut di dalam Surat Roma.

Surat Roma mewahyukan bahwa kita ada di dalam Kristus, namun dalam 1 Korintus 1:30 Paulus mengumumkan lebih lanjut: "Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus." Di sini kita melihat bahwa oleh Allahlah kita berada dalam Kristus. Surat Roma memberi kita fakta tentang beradanya kita di dalam Kristus, tetapi tidak menyebutkan bahwa oleh Allahlah kita berada di dalam Kristus. Sebelum Anda beroleh selamat, pernahkah Anda bermimpi bahwa Anda akan berada di dalam Kristus? Pernahkah Anda membayangkan bahwa Allah akan menaruh Anda ke dalam Kristus? Kita tahu dari 1:30 bahwa hanya oleh Allahlah kini kita berada di dalam Kristus. Pada masa kekekalan yang lampau, sebelum Allah menciptakan apa-apa, Allah sudah berpikir untuk menaruh kita di dalam Kristus. Kita bahkan boleh mengatakan bahwa Allah mempunyai sebuah mimpi mengenai kita, sebuah mimpi menurut keinginan hati-Nya, yaitu agar kita dapat berada di dalam Kristus. Karena Allah damba untuk mendapatkan kita, Dia bermimpi sedemikian mengenai kita. Jadi bukanlah secara kebetulan kalau kita berada di dalam Kristus. Hal ini telah ditetapkan Allah pada kekekalan yang lampau. Setiap kali saya memikirkan bahwa pada kekekalan yang lampau Allah mempunyai kedambaan untuk menaruh saya ke dalam Kristus, saya lupa diri karena sukacita. Oh, betapa bermaknanya perkara ini, Allah sudah bermimpi tentang kita dalam kekekalan! Betapa manis dan menyenangkan hal ini! Betapa mustikanya pernyataan: "Oleh Dia kamu berada di dalam Kristus Yesus!"

Dalam 1 Korintus Paulus juga berbicara tentang hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah dan tentang minum dari satu Roh. Dalam Roma 11:33 Paulus memang berkata, "O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat, dan pengetahuan Allah!" Akan tetapi dalam Surat Roma ia tidak menyebut hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah, tidak pula disebut tentang minum dari satu Roh. Ungkapan-ungkapan unik yang terdapat dalam 1 Korintus ini bukan hanya mustika, tetapi juga nikmat untuk kita kecap. Dalam Surat Roma banyak hal yang mustika, tetapi hal-hal yang mustika dalam 1 Korintus lebih baik untuk kita kecap


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Korintus, Buku 1, Berita 19

No comments: