Hitstat

10 May 2011

1 Korintus - Minggu 9 Selasa

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 3:5-9


Semua anggota gereja adalah tanaman di ladang Allah. Mereka telah ditanam melalui minister Kristus, kawan sekerja Allah, mereka telah disirami oleh minister-minister lain, yang juga kawan sekerja Allah, dan mereka ditumbuhkan dalam hayat oleh Allah sendiri. Kita menjadi anggota gereja bukan dengan cara bergabung dengan sebuah organisasi sosial, melainkan melalui ditanamkan. Dalam ayat 6 Paulus berkata, "Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang menumbuhkan." Paulus menanam kaum beriman di Korintus ke dalam gereja, ladang Allah, supaya mereka boleh mempertumbuhkan Kristus.

Menanam, menyiram, dan menumbuhkan, semuanya berkaitan dengan perihal hayat. Hal ini menunjukkan bahwa kaum beriman adalah ladang Allah untuk menumbuhkan Kristus. Sebagai tumbuh-tumbuhan yang ditanam di ladang Allah, yaitu gereja, kita perlu bertumbuh. Tanpa pertumbuhan, kita tidak berguna. Beberapa tanaman di kebun saya memang hidup, namun tidak bertumbuh. Demikian pula hari ini, banyak orang beriman yang hidup secara rohani, namun mereka tidak bertumbuh. Tentu saja daripada mati lebih baik hidup. Asalkan kita hidup, kita berkesempatan untuk bertumbuh. Saya harap tidak satu pun saudara dalam pemulihan Tuhan yang merasa puas dengan hidup tanpa pertumbuhan. Kita semua harus bertumbuh guna menghasilkan Kristus. Semua orang kudus dalam pemulihan Tuhan harus damba bertumbuh. Kita harus berdoa, "Tuhan, buatlah aku bertumbuh."

Tujuan pertumbuhan kita di ladang Allah ialah untuk menghasilkan Kristus. Seperti tujuan kebun angggur untuk menghasilkan buah anggur, demikian juga tujuan ladang Allah ialah menghasilkan Kristus. Butir inti dari berita tentang 1 Korintus 3 ialah bertumbuh demi menghasilkan Kristus.

Agar membantu kita mempertumbuhkan Kristus, kita perlu berulang-ulang merenungkan pasal 1 dan 2. Jika Anda membaca dan mendoabacakan pasal-pasal ini, Anda akan tersirami dan dikenyangkan. Unsur dan substansi Kristus akan disalurkan ke dalam diri Anda. Kemudian dengan spontan Anda akan menumbuhkan dan menghasilkan Kristus. Hasil dari pertumbuhan Anda adalah Kristus.

Ketika kita bertumbuh dengan wajar, Kristus akan dihasilkan dari dalam kita. Kemudian apa pun yang kita tumbuhkan dari Kristus akan menjadi bahan-bahan bagi bangunan Allah. Gereja hanya terbangun dengan Kristus. Akan tetapi, gereja tidak dibangun dengan Kristus yang obyektif, Kristus yang ada di surga atau yang tiba-tiba turun dari surga. Sebaliknya, gereja terbangun dengan Kristus yang kita alami dan yang kita pertumbuhkan itu. Jadi, untuk pembangunan gereja, kita harus memiliki Kristus yang dihasilkan melalui pertumbuhan hayat kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Korintus, Buku 1, Berita 22

No comments: