Hitstat

11 May 2011

1 Korintus - Minggu 9 Rabu

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 3:5-9


Dalam 3:6 Paulus berkata, "Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang menumbuhkan." Jika kita mau mempertumbuhkan Kristus di ladang Allah, kita perlu penanaman dan penyiraman. Namun janganlah mengira hanya orang-orang seperti Paulus dan Apolos yang bertanggung jawab untuk penanaman dan penyiraman. Semua saudara dan saudari dalam gereja harus melakukan pekerjaan ini. Akan tetapi, kita tidak memiliki konsepsi ini. Sebaliknya, kalau ada satu orang kudus yang kita temui dalam kelemahan atas masalah tertentu, kita membawa orang itu kepada penatua. Jika seorang saudara datang kepada Anda dan Anda mengetahui ia lemah, Anda harus menyiraminya. Jangan memanggil penatua, tetapi Anda harus memberinya makan dan merawatnya. Hal ini sungguh penting untuk kita pelajari.

Ada beberapa orang mungkin takut berbuat kesalahan jika mereka mencoba menanam dan menyiram. Mungkin Anda akan melakukan kesalahan, tetapi jangan takut, belajar yang sejati datang dari bekerja, dari praktek. Mungkin Anda melakukan kesalahan-kesalahan tertentu, namun akhirnya Anda akan belajar dari kesalahan itu dan menjadi terampil dalam menanam dan menyiram. Dalam hal-hal tertentu mungkin Anda akan lebih banyak membantu daripada para penatua. Para penatua di sebuah gereja lokal hanya sedikit. Bagaimana mereka dapat memperhatikan begitu banyak saudara dan saudari? Daripada mencari para penatua untuk melakukan sesuatu, pikullah beban untuk merawat orang lain, yakni menyirami mereka. Dalam pemulihan Tuhan, kita adalah untuk mempraktekkan hidup gereja. Untuk mempraktekkan kehidupan gereja yang wajar, kita semua harus menanam dan menyiram.

Karena Paulus berkata bahwa ia menanam dan Apolos menyiram, jangan menyangka Paulus hanya dapat menanam dan Apolos hanya dapat menyiram. Tidak, mereka yang bekerja di ladang tidak hanya menanam atau menyiram; mereka mengerjakan apa saja yang diperlukan -- menanam, menyiram, memupuk, dan bahkan memotong serta memangkas tanam-tanaman. Melalui praktek, kita akan belajar mengerjakan semua perkara ini dalam kehidupan gereja. Tidak benar kalau Anda hanya menanam dan menyiram dan tidak terlibat dalam perkara-perkara lain. Sebaliknya, kita semua harus belajar mengerjakan apa saja yang diperlukan untuk menghasilkan pertumbuhan Kristus di ladang Allah. Hal ini juga termasuk belajar membunuh "hama-hama" yang mengganggu tanaman yang sedang tumbuh. Orang kudus yang lebih lemah mungkin berkontak dengan Anda, dan mungkin Anda mengetahui bahwa ia sedang diganggu oleh hama tertentu. Dengan spontan Anda akan menyadari bahwa Anda pun pernah diserang oleh hama itu dan Anda berdua membutuhkan obat yang sama.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Korintus, Buku 1, Berita 22

No comments: