Hitstat

08 June 2011

1 Korintus - Minggu 13 Rabu

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 3:14-17


Di dalam 3:16-17 Paulus menasihati kita untuk tidak membinasakan bait Allah. Ketika saya baru beroleh selamat, saya menyangka bahwa bait dalam ayat 16 dan 17 mengacu hanya pada gereja dalam arti yang luas dan umum. Kemudian, melalui banyak belajar dan banyak pengalaman, saya menjadi nampak bahwa dalam ayat 17, bait mengacu kepada orang beriman secara universal, dan dalam ayat 16, bait mengacu kepada kaum beriman secara kolektif di satu tempat, seperti Korintus. Bait Allah rohani yang unik di alam semesta memiliki ekspresinya di banyak tempat di bumi. Setiap ekspresi adalah bait Allah di tempat itu. Jadi, bait pasti berarti gereja yang telah terbangun di satu tempat. Bait dibangun dengan kaum beriman secara riil. Mengenai bangunan, mula-mula kita harus mengumpulkan bahan-bahan, kemudian bahan-bahan itu menjadi bagian dari bangunan.

Dalam pasal 3 Paulus memperingatkan orang-orang Korintus untuk memperhatikan cara mereka membangun. Di pihak positif, ia menunjukkan bahwa mereka harus membangun di atas dasar dengan emas, perak, dan batu permata. Di pihak negatif, ia memperingatkan mereka tentang membinasakan bait Allah. Perkataan "membinasakan" di sini dalam bahasa aslinya juga berarti memusnahkan, merusak, menajiskan, mencelakakan. Membangun dengan rumput, kayu, dan jerami berarti meruntuhkan, mencemari bangunan Allah. Menurut konteks pasal 3, kita dapat membinasakan bait dengan meletakkan dasar lain selain Kristus, atau dengan membangun dengan mempergunakan kayu, rumput, dan jerami. Bagi orang-orang Korintus, mengatakan bahwa mereka dari Paulus, Apolos, atau Kefas adalah meletakkan dasar lain dan mencemari bait. Di samping itu, membangun dengan hal-hal yang alamiah juga meruntuhkan bait Allah.

Jika kita merenungkan ayat-ayat terakhir dari pasal 3 menurut konteks ketiga pasal yang pertama dari Surat ini, kita akan melihat bahwa konsepsi Paulus adalah: mengatakan bahwa kita dari seseorang berarti membinasakan gereja. Di sini Paulus seolah-olah berkata, "Gereja sedang dalam proses terbangun. Beberapa bagian telah tersusun. Janganlah membinasakan gereja. Janganlah mencemari, merusak, atau meruntuhkannya. Bila Anda membangun gereja dengan alamiah Anda atau susunan alamiah Anda, Anda merusak gereja. Anda juga merusak gereja bila Anda berkata bahwa Anda dari Apolos, Kefas, atau Paulus. Jika Anda membinasakan gereja dengan cara demikian, Allah akan membinasakan Anda." Di satu pihak, dibinasakan Allah ialah tercabut dari berkat, berarti kekurangan perawatan, minum, makan, penanaman, penyiraman, dan pertumbuhan; juga berarti kehilangan kesempatan memperoleh emas, perak, dan batu permata. Di pihak lain, dibinasakan adalah dihakimi dengan api dan pekerjaannya termakan api. Akan tetapi, kalau kita membangun dengan emas, perak, dan batu permata, pekerjaan kita akan tahan, dan kita akan menerima pahala (ayat 14).

Doa-bacakanlah ayat-ayat ini dalam terang tentang yang telah kita bahas dalam berita ini. Jika demikian, Anda akan terawat dan terinfus dengan unsur ilahi. Kemudian Anda akan mengalami lebih banyak pengubahan, dan gereja akan lebih terbangun.

Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Korintus, Buku 2, Berita 32

No comments: