Hitstat

05 October 2018

Markus - Minggu 17 Jumat


Pembacaan Alkitab: Mrk. 10:32-52
Doa baca: “Jawab mereka, ‘Kami dapat.’ Yesus berkata kepada mereka, ‘Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima.’” (Mrk. 10:39)


Bagian dan Proses Orang Kristen


Kita telah melihat bahwa cawan dan baptisan mengacu kepada kematian Hamba-Penyelamat (Yoh. 8:11; Luk. 12:50). Cawan melambangkan bahwa kematian-Nya adalah bagian pemberian Allah yang diterima-Nya untuk menebus orangorang dosa bagi Allah. Baptisan menunjukan bahwa kematian-Nya adalah jalan yang ditetapkan Allah untuk dilewati-Nya guna perampungan penebusan Allah bagi orang-orang dosa.

Dalam Markus 10:38 Tuhan bertanya kepada Yakobus dan Yohanes apakah mereka dapat meminum cawan yang akan Dia minum dan dibaptis dengan baptisan-Nya. Ketika mereka berkata kepada Tuhan bahwa mereka dapat, Tuhan melanjutkan, “Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima” (ayat 39). Tuhan seolah-olah berkata kepada mereka, “Tahukah kamu apa itu cawan? Itu menunjukkan kematian. Baptisan juga melambangkan kematian. Tahukah kamu apa yang menjadi bagianmu? Bagianmu bukanlah kedudukan – bagianmu adalah kematian. Aku harus mati dan kamu harus mati bersama-Ku. Aku tidak memiliki kedudukan untuk kamu, karena Aku tidak berhak memberikannya kepada kamu. Keperluanmu adalah mengambil bagianmu dan melalui proses ini, yang keduanya mengacu kepada kematian”

Kita semua perlu nampak bahwa bagian kita dalam hidup gereja bukanlah kedudukan; bagian kita adalah pengakhiran. Dalam gereja kita memiliki kematian bukan hanya sebagai bagian kita untuk kita minum, tetapi juga proses yang harus kita lalui. Kini, kita ada dalam baptisan kematian Tuhan.

Jalan masuk ke dalam kerajaan adalah menerima kematian sebagai bagian kita dan melewati proses kematian. Ini adalah mengambil kematian Kristus sebagai kematian kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 33

No comments: