Hitstat

15 October 2018

Markus - Minggu 19 Senin


Pembacaan Alkitab: Mrk. 11:2712:44; 10:39
Doa baca:Jawab mereka, 'Kami dapat.’ Yesus berkata kepada mereka, 'Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima.’” (Mrk. 10:39)


Berada dalam Kematian Kristus yang Almuhit


Ketika Tuhan Yesus berangkat dari Galilea ke Yudea, tujuan-Nya adalah pergi ke Yerusalem untuk masuk ke dalam kematian dan kebangkitan dan juga membawa pengikut-Nya yang akrab bersama Dia ke dalam kematian dan kebangkitan-Nya. Petrus, Yohanes, dan Yakobus mewakili semua pengikut akrab Tuhan. Sejak awal, ketiga orang ini mengikuti Tuhan dari dekat. Ketika kita membaca Injil Markus, kita nampak bahwa Petrus, Yohanes, dan Yakobus mengikuti Tuhan Yesus langkah demi langkah. Akhirnya, Tuhan membawa mereka ke dalam kematian-Nya yang almuhit. Tuhan sendiri secara pribadi menderita kematian, sedangkan murid-murid melewati proses kematian. Tentu, mereka tidak diletakkan di dalam kubur, tidak juga pergi ke alam maut. Namun, kita dapat mengatakan bahwa hari-hari di antara kematian dan kebangkitan Tuhan adalah “sebuah kubur” bagi murid-murid. Kita juga dapat mengatakan, di satu aspek, mereka melewati alam maut. Kemudian pada pagi hari kebangkitan Tuhan, beberapa murid menemukan kubur kosong dan menyadari bahwa Yesus yang tersalib telah bangkit dari antara orang mati.

Pada hari Pentakosta, Roh itu dicurahkan ke atas 120 orang. Hamba-Penyelamat yang diwahyukan dalam Injil Markus, melalui kematian dan kebangkitan, menjadi Roh pemberi-hayat, dicurahkan ke atas murid-murid. Ini berarti Tuhan mencurahkan diri-Nya sendiri ke atas mereka yang melihat visi yang dicatat dalam Injil Markus. Akhirnya, Kristus yang bangkit sebagai Roh yang hidup akan mencurahkan diri-Nya sendiri di atas Anda untuk membuat semua yang Anda lihat menjadi suatu realitas bagi Anda. Kemudian dalam realitas, Anda akan berada dalam kematian, kebangkitan, dan kenaikan Kristus. Sesungguhnya Anda akan menikmati Dia sebagai pengganti yang universal dan menyeluruh.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 36

No comments: