Hitstat

16 October 2018

Markus - Minggu 19 Selasa


Pembacaan Alkitab: Mrk. 11:2712:44
Doa baca: “Dan bertanya kepada-Nya, ‘Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Siapakah yang memberi kuasa itu kepada-Mu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?’” (Mrk. 11:28)


Wibawa Tuhan


Markus 11 menggambarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi selama enam hari terakhir dari hidup Tuhan di bumi. Keenam hari ini adalah untuk ciptaan baru. Setelah enam hari ini, ada Sabat yang lain. Tuhan disalibkan pada hari Jumat, dan hari berikutnya adalah Sabat.

Pada hari pertama dari keenam hari ini, Tuhan Yesus dengan penuh kemenangan masuk ke kota Yerusalem dengan menunggang keledai. Orangorang berteriak, “Hosana! Terpujilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!” (ayat 9). Disini kita nampak bahwa Tuhan menerima pengakuan orangorang. Setelah membuat jalan masuk yang sedemikian ke Yerusalem, Dia masuk ke dalam Bait “Di sana Ia meninjau semuanya, tetapi karena hari hampir malam, Ia keluar ke Betania bersama dengan kedua belas murid-Nya” (ayat 11).

Ketika kembali ke kota itu pada hari berikutnya, Dia mengutuk pohon ara dan menyucikan Bait. Setelah itu, Tuhan masuk ke dalam Bait dan membalikkan meja-meja penukar uang. Karena Dia telah menerima pengakuan orang, tidak ada seorang pun yang berani menghentikan Dia. Pada pagi hari di hari ketiga, murid-murid melihat pohon ara itu kering sampai ke akarnya (ayat 20), kemudian mereka kembali ke Yerusalem. Tuhan Yesus akan segera ditangkap dan dibunuh. Tetapi karena Dia telah diterima oleh orang-orang, Dia bebas berjalan di dalam Bait. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat datang kepada Tuhan dan bertanya kepada-Nya, “Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Siapakah yang memberi kuasa itu kepada-Mu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?” (ayat 28). Dalam menghadapi imam-imam kepala, ahli Taurat, dan tua-tua, Tuhan Yesus sangat berwibawa. Dia tidak takut ketika Dia menghadapi situasi ini, tetapi menjawab pertanyaan mereka dengan berani.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 36

No comments: