Hitstat

07 December 2018

Markus - Minggu 26 Jumat


Pembacaan Alkitab: Mrk. 16:1-20
Doa baca: “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.” (Mrk. 16:16)


Percaya dan Dibaptis


Dalam Markus 16:16 Tuhan berkata kepada murid-murid-Nya, “Siapa yang percaya dan diaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.” Percaya berarti menerima HambaPenyelamat (Yoh. 1:12), tidak hanya untuk pengampunan dosa-dosa (Kis. 10:43), tetapi juga untuk kelahiran kembali (1 Ptr. 1:21, 23), supaya siapa saja yang percaya, dapat menjadi anak Allah (Yoh. 1:12-13) dan anggota Tubuh Kristus (Ef. 5:30) dalam kesatuan yang organik dengan Allah Tritunggal (Mat. 28:19). Dibaptis berarti menegaskan hal ini dengan dikuburkan guna mengakhiri ciptaan lama melalui kematian HambaPenyelamat, dan dengan dibangkitkan menjadi cipataan baru Allah melalui kebangkitan HambaPenyelamat. Baptisan yang sedemikian ini jauh lebih maju dari pada baptisan pertobatan oleh Yohanes (Mrk. 1:4; Kis. 19:3-5). Percaya dan dibaptis merupakan dua bagian dari satu langkah yang lengkap untuk menerima keselamatan Allah yang sempurna. Dibaptis tanpa percaya hanyalah upacara agama yang kosong; percaya tanpa dibaptis berarti hanya diselamatkan pada bagian batiniah tanpa penegasan lahiriah dari keselamatan yang di dalam itu. Kedua hal ini harus berjalan seiring. Selain itu, baptisan air harus disertai dengan baptisan Roh, sama seperti umat Israel yang dibaptis di dalam laut (air) dan di dalam awan (Roh)—1 Korintus 10:2 dan 12:13.

Dalam Markus 16:17-18 Tuhan Yesus memperlihatkan bahwa berbicara dalam bahasabahasa yang baru hanya merupakan salah satu dari lima tanda yang menyertai kaum beriman yang telah diselamatkan. Berdasarkan wahyu ilahi dalam Kitab Kisah Para Rasul dan Surat-surat Kiriman, apa yang Tuhan katakan di sini bukan berarti setiap orang beriman yang beroleh selamat harus mempunyai kelima tanda ini. Ini berarti setiap orang beriman yang beroleh selamat mungkin mempunyai beberapa dari tanda-tanda ini, tetapi tidak harus semuanya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 3, Berita 51

No comments: