Hitstat

25 December 2018

Markus - Minggu 29 Selasa


Pembacaan Alkitab: Mrk. 1:1, 4, 9-10
Doa baca: “Pada saat Ia keluar dari air, langsung Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya.” (Mrk. 1:10)


Roh Turun ke Atas Tuhan Yesus


Markus 1:10 memberi tahu kita apa yang terjadi ketika Tuhan Yesus keluar dari air. Setelah baptisanNya, Allah Roh turun ke atas Dia. Karena itu, di dalam diri-Nya, Tuhan Yesus memiliki esens ilahi; di atas diri-Nya, Tuhan Yesus memiliki Roh Allah. Sebagai Orang yang bersatu dengan Bapa di dalamNya sebagai esens-Nya, dan Roh di atas-Nya sebagai kekuatan bagi pergerakan dan pekerjaan-Nya, Dia memulai ministri-Nya. Dalam pergerakan-Nya, pekerjaan-Nya, Tuhan Yesus bukan hanya seorang yang hanya bermoral atau beretika, dan Dia bukan hanya orang beragama, melainkan persona yang mutlak berasal dari Allah.

Setelah baptisan-Nya, dengan Roh di atas-Nya, Tuhan Yesus adalah Orang yang mutlak berasal dari Allah secara batiniah dan lahiriah. Secara batiniah, Dia memiliki Allah Bapa sebagai esens-Nya; secara lahiriah Dia memiliki Roh Allah sebagai kekuatanNya untuk bergerak, bertindak, melayani, dan memberitakan, segalanya berada dalam Kerajaan Allah. Ketika Tuhan Yesus keluar untuk melayani, Dia tidak mengajarkan etika, pemeliharaan hukum Taurat, atau pelayanan imam Allah. Dia hidup, bergerak, dan bertingkah laku dalam Kerajaan Allah. Kita dapat melihat hal ini dalam pelayanan Injil Tuhan: memberitakan Injil (Mrk. 1:14-20), mengajarkan kebenaran (ayat 21-22), mengusir setan (ayat 23-28), menyembuhkan orang sakit (ayat 29- 39), dan menahirkan kusta (ayat 40-45). Hal-hal ini bukanlah masalah etika, moralitas, kebudayaan, filsafat, atau agama. Ini adalah cara Tuhan Yesus melayani Allah. Alkitab tidak mengatakan bahwa pekerjaan Tuhan Yesus adalah memberitakan Injil, mengajarkan kebenaran, mengusir setan, menyembuhkan orang sakit, dan mentahirkan kusta. Sebaliknya, Perjanjian Baru menunjukkan bahwa ini adalah pergerakan-Nya. Setelah Dia dibaptis dan setelah Roh Kudus turun ke atas Dia, Dia bergerak dengan cara memberitakan, mengajar, mengusir setan, menyembuhkan orang sakit, dan menahirkan kusta.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 3, Berita 56

No comments: