Hitstat

04 December 2018

Markus - Minggu 26 Selasa


Pembacaan Alkitab: Kis. 5:30-31
Doa baca: Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus yang kamu bunuh dengan menggantungkan-Nya pada kayu salib. Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah dengan tangan kananNya menjadi Perintis dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa. (Kis. 5:30-31)


Realitas Kristus yang Tersalib, Bangkit dan Naik


Perjanjian Baru mewahyukan kepada kita satu persona yang adalah Allah Tritunggal yang berinkarnasi menjadi Manusia-Allah. Manusia-Allah ini pergi ke atas salib dan menempuh kematian yang almuhit dan menakjubkan. Kematian-Nya yang almuhit menghapuskan dosa-dosa kita, menghukum dosa, menyalibkan manusia lama kita, mengakhiri ciptaan lama, menghancurkan Iblis, Satan, menghakimi dunia setani, dan menghapuskan ketentuan-ketentuan di antara ras dan kelas sosial yang berbeda. Dalam pandangan Allah, semua hal negatif telah dibereskan untuk selamanya.

Allah telah meninggikan Kristus menjadi Pemimpin dan Juruselamat bagi keselamatan kita. Kita perlu melihat bahwa Yesus adalah Tuhan, Kristus, dan batu penjuru bagi pembangunan Allah. Menurut Kitab Kisah Para Rasul, Petrus juga menunjukkan bahwa Kristus, Yang bangkit, telah ditinggikan dan sekarang berada di surga. Selain itu, Kristus telah mencurahkan diri-Nya sendiri sebagai Roh di atas kaum beriman-Nya, umat pilihan Allah, untuk membuat mereka menjadi anggota-anggota Tubuh-Nya. Ini adalah bagi penyusunan manusia baru yang adalah ekspresi dari Kristus yang bangkit. Kristus yang bangkit adalah segala sesuatu bagi manusia baru; Dia adalah isi dan realitas dari manusia baru yang sesungguhnya adalah Kerajaan Allah, di mana Allah memerintah, bertakhta dan bertindak untuk memenuhi keinginan-Nya. Petrus mengatakan bahwa Kristus yang dia lihat dan ikuti sekarang berada dalam kebangkitan dan kenaikan. Bila kita memiliki Roh ini, kita memiliki Kristus, juga realitas kebangkitan dan kenaikan-Nya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 3, Berita 50

No comments: